DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Pengawasan Intern Inspektorat dalam Evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Balangan
PENGARANG:YOSI ANGGRAENI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-24


 

 Yosi Anggraeni. NIM: 2020421320002. Analisis Pengawasan Intern Inspektorat dalam Evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Balangan. Pembimbing I:  H. Budi Suryadi. Pembimbing II: Mahyuni. Program Studi Magister Ilmu Pemerintahan, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengawasan intern Inspektorat dalam evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi di Kabupaten Balangan serta faktor apa saja yang menghambat dalam pelaksanaannya.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa pengawasan intern Inspektorat dalam evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi sudah berjalan, namun ada beberapa kekurangan dalam pelaksanaannya. Hal ini disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya yaitu karena pemahaman unsur pelaksana Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi masih minim, belum dilibatkannya Satuan Kerja Perangkat Daerah yang berkaitan dengan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi ke dalam tim evaluasi, belum ditetapkannya kalender kerja dengan jadwal yang jelas dan rinci, pemenuhan data dukung belum dilakukan dengan maksimal, kurangnya sosialisasi serta pendidikan dan latihan terkait Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi, juga kuantitas Sumber Daya Manusia Aparat Pengawas Intern Pemerintah masih belum sesuai standar yang telah ditetapkan.

Dari penelitian ini penulis menyarankan kepada Inspektorat Kabupaten Balangan agar dalam pelaksanaan evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi untuk melibatkan Satuan Kerja Perangkat Daerah yang terkait dengan delapan area perubahan serta membuat kalender kerja dan rencana aksi yang jelas dan terperinci.

 

Kata kunci : Pengawasan Intern, Reformasi Birokrasi, Evaluasi Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI