DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RESPONSIVITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA ARUT KABUPATEN KOTAWARINGIN BARAT
PENGARANG:DHANDY TIRTA MAULANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-24


Dhandy Tirta Maulana, 1710411610008, 2022 “Responsivitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Arut Kabupaten Kotawaringin Barat” dibawah bimbingan Avela Dewi, S.Sos, M.Si, sebagai pembimbing.

            Penelitian bertujuan untuk mengetahui Responsivitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Arut Kabupaten Kotawaringin Barat. Permasalahan umum yang terjadi dalam Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Arut yaitu penilaian kinerja, sumber daya manusia (SDM), dan pemadaman listrik. 

      Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis untuk memperoleh informasi dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun data primer dalam penelitian sebagai informan yakni data yang didapat melalui observasi langsung kePDAM Tirta Arut Kabupaten Kotawaringin Barat dan wawancara langsung denganpegawai atau sumber yang dapat memberikan informasi yangberkaitandenganResponsivitas PelayananPerusahaan Daerah Air Minum Tirta Arut Kabupaten Kotawaringin Barat. Data sekunder dalam penelitian ini dari datayangdiperolehdenganmenggunakanstudikepustakaansertadokumendatayangdiambildariPerusahaan Daerah Air Minum Tirta Arut Kabupaten Kotawaringin Barat yangbersangkutan denganResponsivitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Arut Kabupaten Kotawaringin Barat.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada dimensi Responsivitas (Ketanggapan) yang terdiri dari 4 indikator yang bisa dikatakan memuaskan. Indikator yang memuskan tersebut adalah : (1) Merespon setiap pelanggan/pemohon yang ingin mendapatkan pelayanan, (2) Semua keluhan pelanggan direspon oleh petugas, (3) Petugas/aparatur melakukan pelayanan dengan cepat dan tepat, (4) Petugas/aparatur melakukan pelayanan dengan cermat.

Kesimpulan penelitian ini adalah Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Arut Kabupaten Kotawaringin Barat sangat responsivitas. Disarankan kepada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Arut Kabupaten Kotawaringin Barat untuk menyediakan Sarana dan prasarana seperti mesin pembangkit listrik yang menunjang dalam responsivitas pelayanan. Memaksimalkan atau menambah tenaga kerja Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Arut untuk kenyamanan bersama.

Kata Kunci: Responsivitas, Pelayanan Publik, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI