DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPRIBADIAN HARDINESS TERHADAP PENYESUAIAN DIRI DALAM BELAJAR PADA ERA NEW NORMAL PASCA PANDEMI COVID-19 SISWA SMKN 1 BANJARMASIN
PENGARANG:Noor Maya Fibrianti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-24


Sejak awal terjadinya COVID-19 hingga masuk era new normal tidak sedikit perubahan-perubahan yang harus dilalui sehingga siswa kesulitan menyesuaikan diri dalam belajar. Hal ini berhubungan pula dengan kepribadian individu tersebut dalam menangani penyesuaian diri. Salah satu kepribadian yang ada yaitu kepribadian tangguh atau dalam bahasa psikologi disebut dengan hardiness. Kepribadian hardiness ini akan lebih membantu dalam menyesuaikan diri dalam belajar. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kepribadian hardiness terhadap penyesuaian diri dalam belajar pada era new normal pasca pandemi COVID-19 Siswa SMKN 1 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian pengaruh. Data kuantitatif dilakukan dengan menyebar 2 angket yakni angket kepribadian hardiness dan angket penyesuaian diri dalam belajar kepada 321 siswa SMK Negeri 1 Banjarmasin dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Teknik analisis data yakni menggunakan statistik deskriptif dan regresi linear sederhana. Adapun hasil penelitian ini yaitu terdapat signifikansi 0,000 < 0,05. Maka (Ha) diterima, bahwa terdapat pengaruh antara kepribadian hardiness terhadap penyesuaian diri dalam belajar pada era new normal pasca pandemi COVID-19 siswa SMKN 1 Banjarmasin.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh antara kepribadian hardiness terhadap penyesuaian diri dalam belajar. Hasil koefisien determinasi R square sebesar 0,552 bahwa Pengaruh Kepribadian Hardiness terhadap Penyesuaian Diri dalam Belajar sebesar 55,2%, artinya terdapat pengaruh yang cukup besar terhadap penyesuaian diri dalam belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI