DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN SEJARAH MENGGUNAKAN APLIKASI RUANGGURU PADA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 2 BANJARMASIN
PENGARANG:ALFIANOOR SEPTIAWAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-25


Pelaksanaan pembelajaran daringmenggunakan aplikasi Ruangguru di SMA Negeri 2 Banjarmasin berawal dari hasil evaluasi pembelajaran dari permasalahan pembelajaran serta kebutuhan aplikasi pembelajaran yang dapat memaksimalkan fungsi monitoring pada pelaksanaan pembelajaran guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan pembelajaran sejarah, keterampilan guru mengelola kelas pada pelaksanaan pembelajaran sejarah, dan evaluasi pembelajaran sejarah menggunakan aplikasi Ruangguru.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara terhadap guru mata pelajaran sejarah kelas XII IPS 2, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, serta peserta didik kelas XII IPS 2 di SMA Negeri 2 Banjarmasin. Peneliti melakukan observasi dengan melakukan pengamatan pada pelaksanaan pembelajaran sejarah pada kelas XII IPS 2 melalui fitur ruang kelas diaplikasi Ruangguru milik guru mata pelajaran sejarah, dokumentasi pembelajaran serta rancangan pelaksanaan pembelajaran (RPP) daring. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan model alir diperkenalkan oleh Miles dan Huberman yakni analisis data model alir yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian: (1) Perencanaan pembelajaran guru menggunakan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) daring di tingkatan higher order thinking skills (HOTS) yang berpedoman pada kurikulum 2013, model pembelajaran yang digunakan yakni discovery learning serta problem based learning, (2) Keterampilan guru mengelola kelas pada pelaksanaan pembelajaran sejarah berjalan dengan baik dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, hingga kegiatan penutup yang secara dominan menggunakan fitur obrolan aplikasi Ruangguru, (3) Evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru cukup baik dengan memberikan latihan soal pilihan ganda atau esai serta penugasan membuat infografis, peta, maupun makalah pada fitur tugas aplikasi Ruangguru.

Kata kunci: Keterampilan Mengelola Kelas, Pembelajaran Sejarah, Ruangguru 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI