DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SINERGITAS KEMITRAAN PEMERINTAH, SWASTA DAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN PARIWISATA STUDI KASUS PADA TAMAN SIRING SUNGAI MARTAPURA KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:Arif Fauzi Rahman
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-25


SINERGITAS KEMITRAAN PEMERINTAH, SWASTA DAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN PARIWISATA

 (STUDI KASUS PADA TAMAN SIRING SUNGAI MARTAPURA KOTA BANJARMASIN)

 

Arif Fauzi Rahman¹, Husein Abdurrahman²

Program Studi Ilmu Pemerintahan¹, Universitas Lambung Mangkurat²

Program Studi Ilmu Pemerintahan¹, Universitas Lambung Mangkurat²

ABSTRAK 

Bertujuan untuk mengetahui bagaimana jalanya sinergi kemitraan yang terjalin antara pemerintah, swasta dan masyarakat dalam pengelolaan pariwisata Taman Siring Sungai Martapura ditambah dengan menganalisa faktor yang mempengaruhi jalanya pengelolaan kemitraan tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi.. Data diperoleh selanjutnya dilakukan pengumpulan informasi, reduksi data, penyajian data, tahap akhir atau penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sinergitas kemitraan yang terjalin antara aktor yang berperan dalam pembangunan pariwisata yaitu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (pemerintah), Bank Kalsel (swasta) dan pihak-pihak Paguyuban Kelotok Siring Sungai Martapura (masyarakat yang mendapatkan manfaat) dapat dikatakan baik.

Terlihat komunikasi intensif berjalan dengan menggunakan dua pendekatan formal dan informal umpan balik sudah berjalan dengan baik karena hasil koordinasi yang dilakukan oleh seluruh mitra dapat di proses, kepercayaan berjalan baik karena seluruh pihak percaya dan selalu ingin mengupayakan untuk keberhasilan kemitraan

Faktor pengelolaan kemitraan meliputi faktor pengetahuan, pemahaman kemitraan, saling melengkapi sumber daya faktor kesepakatan dalam pembagian peran, faktor peredaan konflik dan faktor manfaat yang dirasakan dalam kemitraan. 

Saran penelitian ini adalah kepada pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin untuk membuka link (network) dengan sektor swasta lain dan tentunya menjaga hubungan baik dengan masyarakat dan swasta, sektor swasta diharapkan dapat memberikan sumbangsih baik itu pemodalan maupun pembinaan. Masyarakat diharapkan mampu membekali diri dan memberdayakan kemampuan dengan kesadaran dan kemauannya.

 

 

Kata Kunci : Sinergitas, Kemitraan Pariwisata.

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI