DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS DOSIS PUPUK KANDANG BURUNG PUYUH UNTUK KELAYAKAN HIDUP LARVA IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum Bonaparte) DI UPT. PRODUKSI PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR MENTAOS TIMUR.
PENGARANG:Mutiari
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-28


EFEKTIVITAS DOSIS PUPUK KANDANG BURUNG PUYUH UNTUK KELAYAKAN HIDUP LARVA IKAN BAWAL AIR TAWAR (Colossoma macropomum Bonaparte) DI UPT. PRODUKSI PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR MENTAOS TIMUR.

 

THE EFFECTIVENESS OF QUAIL MANURE DOSES FOR THE VIABILITY OF FRESHWATER POMFRET LARVAE (Colossoma macropomum Bonaparte) IN UPT.PRODUKSI PERIKANAN BUDIDAYA AIR TAWAR MENTAOS TIMUR.

 

Mutiari1), Dini Sofarini2), Deddy Dharmaji3)

1)Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Kelautan

2)Ketua Dosen Pembimbing 3)Anggota Dosen Pembimbing

 

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan,

Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Lambung angkurat

Jalan A.Yani, Km. 36. Banjarbaru, 70714, Kalimantan Selatan

 

ABSTRAK

 

Pupuk kandang merupakan semua produk buangan yang didapatkan dari hasil peliharaan yang digunakan untuk menambah hara, memperbaiki sifat fisik, dan biologi tanah, juga berpengaruh terhadap pertumbuhan pakan alamikarena mengandung unsur hara makro untuk proses fotosintesis pada fitoplankton.Adapun pupuk yang digunakan yaitu berasal dari kotoran burung puyuh. Kotoran burung puyuh juga mengandung protein atau nitrogen yang tinggi. Efektivitas pupuk juga dipengaruhi oleh parameter kualitas air, dapat dilihat dari karakteristik fisik, kimiawi, dan biologisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pupuk kandang burung puyuh dan survival rate larva ikan bawal air tawar (Colossoma macropomum Bonaparte). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret - April 2022. Metode penelitian dilakukan secara langsung (in situ) dan di laboratorium (ek situ). Data dari hasil di lapangan dan laboratorium kemudian dianalisis menggunakan uji one way analysis of variance (ANOVA). Hasil dari uji anova menunjukan untuk perlakuan terhadap pupuk kandang burung puyuh selama penelitian menunjukan P>0,05 yang bearti, H0 diterima sehingga tidak ada perbedaan nyata pada semua perlakuan.

 

Kata Kunci: Kualitas air, Pupuk Kandang Burung Puyuh, Survival Rate, Ikan Bawal Air Tawar (Colossoma macropomum Bonaparte)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI