DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFEKTIVITAS KEBIJAKAN OJK TERKAIT BUYBACK SAHAM PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BEI DI MASA COVID-19
PENGARANG:NONE NAFISAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-29


Nafisah, None (2022). Efektivitas Kebijakan OJK Terkait Buyback Saham Pada Perusahaan Yang Terdaftar di BEI di Masa Covid-19. Pembimbing: Abdul Hadi, SE, M.Si.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganlisa efektivitas kebijakan OJK terkait buyback saham pada perusahaan yang terdaftar di BEI di masa Covid-19 yang melakukan buyback saham setelah pemberlakuan Surat Edaran Otoritas Jasa Keuangan Nomor 3/SEOJK.04/2020.

Jenis penelitian adalah event study dengan pendekatan kuantitatif. Pengujian dilakukan terhadap 44 perusahaan yang dipilih berdasarkan purposive sampling dengan periode pengamatan 5 hari sebelum peristiwa pengumuman buyback (t-5) dan 5 hari sesudah peristiwa pengumuman buyback (t+5). Data penelitian ini diuji menggunakan wilcoxon signed rank test dengan alat bantu MS.Excel dan SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan rata-rata abnormal return dan rata-rata trading volume activity sebelum dan sesudah peristiwa sehingga efektivitas kebijakan OJK terkait buyback saham adalah tidak efektif. Peningkatan hanya terjadi pada 12 jenis saham atau sebanyak 27,3% jenis saham dengan nilai interpretasi efektivitas adalah rendah.

Kata kunci: Efektivitas, Buyback, Abnormal Return, Trading Volume Activity

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI