DIGITAL LIBRARY



JUDUL:`Peran Bank Sampah Urban Dewan Berbasis Platform Digital Terhadap Pengelolaan Sampah Di Kabupaten HULU SUNGAI TENGAH PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MULIYADI SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-11-30


RINGKASAN

MULIYADI SAPUTRA. 2022.  Peran Bank Sampah Urban Dewan Berbasis Platform Digital Terhadap Pengelolaan Sampah  di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan.  Pembimbing: (1) Prof. Dr. Ir. Hj. EMMY SRI MAHREDA, M.P. dan (2) Prof. Dr. Hj. EMMY LILIMANTIK, S.Pi. M.P. dan (3) Dr. RIZQI PUTERI MAHYUDIN, S.Si. M.S.

 

Aktivitasmanusiapastimenghasilkanbuanganatausampah, kebiasaan membuang sampah sembarangan dilakukan hampir semua kalangan masyarakat, tidak hanya warga miskin, bahkan mereka yang bependidikan tinggi di Kabupaten Hulu Sungai Tengah.Masalah timbulan sampah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah. bukan hanya disebabkan karena peningkatanjumlah penduduk, namun disebabkan pula dari rendahnya tingkat pelayanan prasarana dansarana dasar lingkungan khususnya dalam bidang pelayanan persampahan.

Penelitian ini bertujuan menganalisis potensi kelola timbulan sampah dan peran bank sampah Urban Dewan berbasis platform digital terhadap pengelolaan sampah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Provinsi Kalimantan Selatan, strategi meningkatkan pengelolaan sampah secara modern berbasis platform digital . Bank Sampah Urban Dewan adalah pelaku usaha mikro kecil dan menengah dengan pengelolaan sampah secara modern berbasis platform digital dalam pelayanan sampah perkotaan di kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia yang menjadi bank sampah digital pertama di kelola masyarakat di wilayah Propinsi Kalimantan Selatan. Platform digital mempermudah dalam mengelola management data persampahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah Bank Sampah Urban Dewan, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah Propinsi Kalimantan Selatan. Sedangkan obyek penelitian adalah timbulan sampah dan nasabah bank sampah Urbandewan di kabupaten Hulu Sungai Tengah. Data diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi dan data penunjang dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Hasil penelitian menunjukkan Potensi timbulan sampah di Kabupaten Hulu Sungai Tengah Tahun 2021 sebesar37.773,27 Ton/Tahun atau setara dengan 103.488,4 Kg/hari, persentasekomposisisampahdiKabupaten Hulu Sungai tengah (Tahun 2021) terdiri dari 40,04 % sampahorganik, 24,91% sampah plastik, 4.05 % sampah kertas, 3,63 % sampahlogam, dan 1,05 %sampahkain/teksti, 1,24 % sampah karet kulit, 1,47 % sampah kaca. Serta peranbank sampah Urban Dewan terhadap pengelolaan sampah  KabupatenHulu Sungai Tengah dalam penanganan timbulan sampah sebanyak 116, 53 Ton atau 0.06 % pada tahun 2021 dan hasilkuesioner respondenmenyatakanbahwa peran bank sampah Urban Dewan pada variable dua kategori tertinggi menunjukan  kategori berperan memiliki tingkatpersentase 51.83 % dan kategori sangat berperan memiliki tingkatpersentase 26.66 %.

KATA KUNCI: Timbulan Sampah, Platform Digital, Hulu Sungai Tengah

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI