DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGEMBANGAN ARTICULATE STORYLINE BERBASIS STEM-PJBL DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK PADA MATERI PESAWAT SEDERHANA
PENGARANG:MIRA FEBRIYANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-02


Penelitian ini melakukan pengembangan media pembelajaran articulate storyline berbasis STEM-PJBL dalam kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi pesawat sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan validitas media dan kepraktisan media articulate storyline. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4D (define, design, develop, diseminate). Penelitian ini hanya sampai pada tahap development. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi media dan angket respon peserta didik dengan teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas yaitu Aiken's V dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media articulate storyline dan soal materi pesawat sederhana yang dinyatakan valid dengan nilai berturut-turut 0,83 dan 0,84 termasuk kriteria validitas tinggi dengan nilai konsistensi antar validator 89,00% dan 85,00%. Media di uji coba keterbacaan dan kepraktisan pada kelompok kecil mendapatkan nilai keterbacaan media dan angket respon peserta didik berturut-turut sebesar 86,00% dan 88,44%. Berdasarkan uraian diatas, disimpulkan bahwa media articulate storyline layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran IPA.

 

Kata kunci: Media Articulate storyline, STEM-PJBL, pemecahan masalah

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI