DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Model Pembelajaran Langsung Berbantuan Media Magic Sand untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Autis di SDLB Negeri 2 Martapura
PENGARANG:Sriayu Yulia Asmiati
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-02


Penelitian ini tentang anak autis yang memiliki permasalahan dalam 

kemampuan motorik halus. Permasalahan yang dialami subjek, yaitu pada jari-jari 

tangannya yang masih lemah, belum mampu dalam menggenggam pensil secara 

mandiri, belum mampu menulis huruf maupun angka, kesulitan dalam

menghubungkannya garis putus-putus menjadi garis lurus yang rapi, belum 

mampu melakukan aktivitas sehari-hari secara mandiri seperti makan, mandi, 

menggunakan pakaian dan aktivitas lainnya. Berdasarkan permasalahan tersebut, 

penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak 

autis. 

Tahap baseline 1 (A1) memperoleh skor rata-rata sebesar 25% , pada 

kondisi intervensi (B) memperoleh skor 39,72% dan pada tahap baseline 2 (A2) 

memperoleh skor 49,85%. Hasil overlap menunjukan A1 ke B sebesar 0% dan B 

ke A2 sebesar 0%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan 

terhadap kemampuan motorik halus anak autis setelah diberikan intervensi 

menggunakan model pembelajaran langsung berbantuan media magic sand secara 

berulang-ulang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode 

eksperimen dalam bentuk penelitian SSR (Single Subject Research), desain yang 

digunakan adalah desain A1 - B -A2. Teknik analisis data menggunakan analisis 

visual grafik berupa analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Subjek 

dalam penelitian ini seorang anak autis di SDLB Negeri 2 Martapura. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI