DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KUALITAS PELAYANAN PEJABAT PENGELOLA INFORMASI DAN DOKUMENTASI (PPID) PADA DINAS KOMUNIKASI, INFORMATIKA DAN PERSANDIAN KABUPATEN BARITO UTARA
PENGARANG:WIWIN ISANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-02


ABSTRAK

Wiwin Isana, NIM. 2020421320012, 2022. Kualitas Pelayanan Pejabat Pengelola

Informasi dan Dokumentasi (PPID) pada Dinas Komunikasi, Informatika dan

Persandian Kabupaten Barito Utara. Tesis Program Studi Magister Ilmu

Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lambung

Mangkurat. Di bawah bimbingan jamaluddin (I) dan Andi Tenri Sompa (II).

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana Kualitas Pelayanan Pejabat

Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pada Dinas Komunikasi, Informatika

dan Persandian Kabupaten Barito Utara dan faktor-faktor apa saja yang

mempengaruhi Kualitas Pelayanan. Jenis penilitian yang digunakan adalah

pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara

serta dokumentasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa hasil

pengukuran dalam 5 (lima) dimensi Kualitas Pelayanan Pejabat Pengelola Informasi

dan Dokumentasi (PPID) pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian

Kabupaten Barito Utara, menunjukan secara keseluruhan sudah cukup baik. Dimensi

Tangible (Bukti Langsung) menunjukan bahwa penampilan pegawai dalam melayani

sudah cukup baik, namun ada sedikit tantangan didalam sarana dan prasarana yaitu

ruangan kerja yang kecil, akan tetapi hal ini tidak menjadi kendala didalam

optimalisasi kualitas pelayanan yang diberikan. Dimensi Responsivenes (Daya

Tanggap) menunjukan pelayanan yang cepat dalam memberikan pelayanan kepada

masyarakat telah terlaksana dengan baik, namun ada sedikit tantangan terkait

kurangnya jumlah pegawai dalam mengelola informasi dan dokumentasi, akan tetapi

hal ini tidak menjadi kendala didalam optimalisasi kualitas pelayanan yang diberikan.

Dimensi Assurance (Jaminan) menunjukan keamanan dalam pelayanan dan

kesopanan para pegawai sudah terlaksana cukup baik. Dimensi Empathy (Empati)

menunjukan bahwa sarana komunikasi dan perhatian pegawai kepada

pelanggan/pengunjung sudah terlaksana cukup baik. Dimensi Reability (Keandalan)

menunjukan kecermatan pegawai saat melayani sudah cukup baik, ini terlihat dari

tidak adanya kesalahan dan keluhan dalam memberikan pelayanan. Adapun faktorfaktor

apa yang mempengaruhi Kualitas Pelayanan Pejabat Pengelola Informasi dan

Dokumentasi (PPID) Pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian

Kabupaten Barito Utara, adalah kurang aktifnya Pejabat Pengelola Informasi dan

Dokumentasi (PPID), dan tidak lengkapnya informasi publik terkait dokumendokumen

kegiatan.

 

Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

(PPID), Kabupaten Barito Utara.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI