DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION, MAKE A MATCH DAN MEDIA BUAH PUZZLE ANGKA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA KELOMPOK A TAMAN KANAK-KANAK
PENGARANG:ANIS NOOR AISYA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-05


Kata Kunci     : Kognitif, Model Explicit Intruction, Model Make A Match dan Media Buah Puzzle Angka

Penelitian ini dilatar belakangi pada beberapa anak masih belum bisa memahami ketika diminta menunjukkan lambang bilangan yang disebutkan. Selain itu, mereka juga masih ragu saat diminta mencocokkan lambang bilangan, terkadang anak masih sering salah dalam menuliskan lambang bilangan. Hal tersebut disebabkan pembelajaran yang diberikan masih bersifat abstrak, anak tidak dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran dan pemilihan model pembelajaran yang kurang menarik. Selain itu, juga karena kurangnya variasi media yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Mengenalkan konsep lambang bilangan, guru hanya melakukan metode bercakap-cakap dan selalu berpusat pada guru. Selain itu, guru juga hanya menyuruh anak untuk mengerjakan LKA (Lembar Aktivitas Anak), misalnya mewarnai gambar angka, menebalkan angka pada garis putus-putus, danhanya menulis lambang bilangan di papan tulis. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan penerapan model pembelajaran Explicit Instrction kombinasi model Make A Match dan Media Buah Puzzle Angka. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendiskipsikan aktivitas guru, mendiskripsikan aktivitas anak dan menganalisis hasil perkembangan kogntif anak mengenal lambang bilangan.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini menghasilkan kesimpulan berupa data yang menggambarkan secara rinci, bukan data yang berupa angka-angka. Hal ini karena pendekatan kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Penelitian kualitatif adalah suatu pendekatan ilmiah yang mengungkap situasi sosial tertentu dengan mendeskripsikan kenyataan secara benar, dibentuk oleh kata-kata berdasarkan teknik pengumpulan analisis data yang relevan yang diperoleh dari situasi yang alamiah.Berdasarkan hasil penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada anak di Kelompok A Taman Kanak Kanak dalam mengenal lambang bilangan menggunakan kombinasi model Explicit Intructio, Make A Match,dan Media buah Puzzle Angka dapat dibuktikan berhasil.Terdapat peningkatan pada aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil belajar kognitif anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI