DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI FORMULA OPTIMAL SEDIAAN NANOEMULSI DARI FASE MINYAK IKAN HARUAN (Channa striata) MENGGUNAKAN APLIKASI DESAIN EXPERT METODE D-OPTIMAL MIXTURE DESIGN
PENGARANG:MUHAMMAD SYIHAB SETIA BUDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-07


ABSTRAK

EVALUASI FORMULA OPTIMAL SEDIAAN NANOEMULSI DARI FASE MINYAKIKAN HARUAN (Channa striata) MENGGUNAKAN APLIKASI DESAIN EXPERT METODE D-OPTIMAL MIXTURE DESIGN(oleh Muhammad Syihab Setia Budi; Pembimbing: Dina Rahwamanty, Destria Indah Sari, Nani Kartinah; 2022; 47 halaman)

 

Ikan haruan merupakan salah satu sumber omega 3 dan 6 yang dapat membantu menyembuhkan luka. Penyembuhan luka dapat dipercepat dengan menggunakan obat sistem penghantar yang baik seperti nanoemulsi. Sediaan nanoemulsi merupakan sediaan yang memiliki 2 fase yaitu fase minyak dan fase air. Sediaan nanoemulsi yang dibentuk menggunakan formulasi yang dibantu menggunakan aplikasi Design Expert 11.0. Tujuan penelitian ini adalah menentukan komposisi formula optimal yang membentuk sediaan nanoemulsi  dan hasil evaluasi sediaan nanoemulsi minyak ikan haruan (Channa striata) berdasarkan metode D-Optimal Mixture. Metode penelitian yaitu membuat sediaan nanoemulsi menggunakan emulsifikasi spontan dengan formula optimal hasil aplikasi Design Expert 11.0. Hasil penelitian memperoleh formula optimal dengan formula minyak ikan haruan 10%, Smix 79,058% dan akuades 10,942%, hasil evaluasi dari sediaan nanoemulsi menghasilkan rata-rata nilai persen transmitan 97,86%, rata-rata nilai pH 5,46, dan rata-rata nilai viskositas 666,67 cps. Dengan demikian, nanoemulsi yang diperoleh formula optimal dengan formulasi minyak, Smix, dan aquades yatiu 10%; 79,06% dan 10,94% serta nilai hasil evaluasi memasuki rentang syarat nanoemulsi.

 

Kata kunci: nanoemulsi, luka, minyak ikan haruan, Desain Expert

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI