DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMBELAJARAN ONLINE MATA PELAJARAN SEJARAH PADA ERA PANDEMI COVID 19 KELAS XII IPS DI SMA NEGERI 13 BANJARMASIN
PENGARANG:AKBAR MAULANA AZHARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-08


Pandemi Covid-19 berdampak terhadap dunia pendidikan, dimana pelaksanaan pembelajaran berubah dari tatap muka ke online dengan berbasis digital. Kondisi ini memaksa guru untuk melek teknologi karena dampak dari pandemi seluruh aktivitas pembelajaran dilakukan dengan online atau daring (dalam jaringan). Penelitian ini bertujuan  untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran sejarah melalui media digital serta pelaksanaan nya dan juga penilaian secara online di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 13 Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data utama dalam penelitian ini adalah guru sejarah di SMA Negeri 13 Banjarmasin. Sedangkan sumber data sekunder didapat dari dokumen berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumen. Uji keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sebelum melaksanakan pembelajaran guru harus membuat RPP dan juga menyiapkan laptop dan juga smartphone untuk menunjang pembelajaran online. Dalam pelaksanaannya  media digital yang dominan digunakan guru di SMA Negeri 13 adalah google classroom karena dapat sekaligus melakukan pengisian daftar hadir, penyampaian materi dan juga penilaian. Penilaian yang dilakukan guru dalam pembelajaran online menggunakan google classroom yang mana penilaian langsung bisa dilakukan oleh guru saat tugas dikumpulkan oleh peserta didik.

Kesimpulannya adalah bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran online di SMA Negeri 13 Banjarmasin tidak terlalu mengalami hambatan karena hampir seluruh guru dan peserta didik sudah terbiasa menggunakan smartphone hanya masalah jaringan dan kuota data internet yang masih menjadi kendala utama.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI