DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PS GIM
PENGARANG:ZULAIHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-08


Zulaiha. 2021. Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis 

Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Menggunakan Model PS GIM. Skripsi 

Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu 

Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Prof. 

Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.

Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Model PS GIM

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa, 

keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh 

pembelajaran masih bersifat konvensional, kurang strategi yang digunakan dalam 

pembelajaran, kurang adanya tanya jawab dalam pembelajaran, dan orientasi 

pembelajaran hanya mengingat. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut 

adalah dengan menerapkan model pembelajaran PS GIM. Tujuan dalam penelitian 

ini untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, 

peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dan menganalisis peningkatan hasil 

belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang 

dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V 

SDN Kelayan Selatan 1 yang berjumlah 13 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa 

laki-laki dan 3 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2021. 

Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas 

guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa kemudian menggunakan 

data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara 

kelompok dan individu. 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1 

memperoleh skor 28, pertemuan 2 memperoleh skor 29, pertemuan 3 memperoleh 

skor 34 dan pertemuan 4 meningkat memperoleh skor 36. Aktivitas siswa pada 

pertemuan 1 memperoleh persentase 31%, pertemuan 2 memperoleh persentase 

54%, pertemuan 3 memperoleh persentase 77% dan pertemuan 4 memperoleh 

persentase 100%. Adapun keterampilan memecahkan masalah pada pertemuan 1 

memperoleh persentase 31%, pertemuan 2 memperoleh persentase 54%, pertemuan 

3 memperoleh persentase 85% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 100%. 

Untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh 

persentase 31%, pertemuan 2 memperoleh persentase 77%, pertemuan 3 

memperoleh persentase 85% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 100%.

Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model 

PS GIM dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan 

berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah, 

guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai 

referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan 

kualitas aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil 

belajar pada siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI