DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN MENGGUNAKAN MODEL PS GIM | |
PENGARANG | : | ZULAIHA | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2022-12-08 |
Zulaiha. 2021. Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Keterampilan Berpikir Kritis
Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Menggunakan Model PS GIM. Skripsi
Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Dosen Pembimbing Prof.
Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis, Model PS GIM
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa,
keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa. Hal tersebut disebabkan oleh
pembelajaran masih bersifat konvensional, kurang strategi yang digunakan dalam
pembelajaran, kurang adanya tanya jawab dalam pembelajaran, dan orientasi
pembelajaran hanya mengingat. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut
adalah dengan menerapkan model pembelajaran PS GIM. Tujuan dalam penelitian
ini untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas aktivitas guru, aktivitas belajar siswa,
peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dan menganalisis peningkatan hasil
belajar siswa.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang
dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V
SDN Kelayan Selatan 1 yang berjumlah 13 orang siswa terdiri dari 10 orang siswa
laki-laki dan 3 orang siswa perempuan, pada semester II tahun ajaran 2021/2021.
Data yang diambil merupakan data kualitatif diperoleh melalui observasi aktivitas
guru, aktivitas siswa dan keterampilan berpikir kritis siswa kemudian menggunakan
data kuantitatif untuk hasil belajar siswa yang diperoleh melalui tes tertulis secara
kelompok dan individu.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada pertemuan 1
memperoleh skor 28, pertemuan 2 memperoleh skor 29, pertemuan 3 memperoleh
skor 34 dan pertemuan 4 meningkat memperoleh skor 36. Aktivitas siswa pada
pertemuan 1 memperoleh persentase 31%, pertemuan 2 memperoleh persentase
54%, pertemuan 3 memperoleh persentase 77% dan pertemuan 4 memperoleh
persentase 100%. Adapun keterampilan memecahkan masalah pada pertemuan 1
memperoleh persentase 31%, pertemuan 2 memperoleh persentase 54%, pertemuan
3 memperoleh persentase 85% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 100%.
Untuk ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 memperoleh
persentase 31%, pertemuan 2 memperoleh persentase 77%, pertemuan 3
memperoleh persentase 85% dan pertemuan 4 memperoleh persentase 100%.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model
PS GIM dapat meningkatkan kualitas aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan
berpikir kritis siswa dan hasil belajar siswa. Adapun saran bagi kepala sekolah,
guru, siswa dan peneliti lain adalah agar penelitian ini dapat dijadikan sebagai
referensi dalam menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan
kualitas aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, keterampilan berpikir kritis dan hasil
belajar pada siswa.
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI