DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SKRIPSI ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN SEKTOR PERTANIAN DALAM STRUKTUR PEREKONOMIAN DI KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:Tia Budi Septiani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-08


Tia Budi Septiani (2022). Analisis Strategi Pengembangan Sektor Pertanian Dalam Struktur Perekonomian di Kabupaten Barito Kuala. Dibimbing oleh Dewi Rahayu.

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui sektor basis dalam pertanian di Kabupaten Barito Kuala, serta untuk mengetahui pergeseran sektor dan subsektor pertanian dan bagaimana strategi pengembangan sektor pertanian di Kabupaten Barito Kuala. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer dan sekunder yang diperoleh melalui wawancara kuisioner dan berdasarkan data yang tersedia dan telah dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik Kabupaten Barito Kuala dan Badan Pusat Statistik Provinsi Kalimantan Selatan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis Location Quotient, Dynamic Location Quotient, analisis Shift Share, dan analisis SWOT.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan adalah merupakan sektor basis dalam perekonomian Kabupaten Barito Kuala, (2) pergeseran PDRB sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan terhadap perekonomian Kabupaten Barito Kuala menunjukkan nilai yang positif, (3) berdasarkan hasil analisis SWOT terhadap perkembangan sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan menghasilkan strategi S-O.

Kata Kunci: sektor basis; strategi pengembangan; location quotient; dynamic location quotient; shift share; SWOT

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI