DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI NEW MEDIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN PADA MASA PANDEMI (Studi Penggunaan Media Zoom dan Simari Pada Mahasiswa/i Ilmu Komunikasi 2017 FISIP ULM)
PENGARANG:NUR KAUSARIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-09


Nur Kausariyah, 17104141620037, 2022, Implementasi New Media Dalam Bidang Pendidikan Pada Masa Pandemi (Studi Penggunaan Media Zoom dan SIMARI Pada Mahasiswa/i Ilmu Komunikasi 2017 FISIP ULM Banjarmasin), Dibimbing oleh Sarwani dan Siswanto Rawali.

Dalam penelitian ini, yang dilakukan peneliti bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan media baru dalam bidang pendidikan pada masa pandemi yang berfokuskan pada kedua media yaitu aplikasi Zoom dan website SIMARI pada mahasiswa/i Ilmu Komunikasi 2017 FISIP ULM Banjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data melalui tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memperoleh data yang valid digunakan triangulasi data yaitu tiangulasi sumber dan triangulasi metode. Pelitian ini merupakan bentuk terobosan baru dalam bidang pendidikan dan menjadi bentuk imitasi terhadap orang-orang yang terlebih dahulu menggunakan perkembangan teknologi.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media baru pada penggunaan SIMARI ini mempunyai fungsi sebagaimana mestinya untuk kegiatan civitas universitas karena SIMARI mempunyai dua bidang yaitu akademik dan kemahasiswaan, yang dimana SIMARI dalam bidang akademik yaitu E-Learning dan Portal Kemahasiswaan lebih banyak dimanfaatkan pada masa pandemi berlangsung. Dan penggunaan aplikasi Zoom itu sendiri menjadi penerapan media baru dalam pelaksanaan perkuliahan sebagai pengganti media tradisional ke media konvensional. Penerapan media baru ini dianggap sebagai bentuk kemajuan perkembangan teknologi yang sudah tidak bisa dihindari oleh tenaga pengajar dan mahasiswa. Maka, penerapan media baru ini menghasilkan 8 poin penting sebagai fokus hasil penelitian.

 

Kata kunci: Komunikasi, New Media, Aplikasi Zoom, Website SIMARI.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI