DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Prarancangan Pabrik Amonium Klorida dari Amonia dan Asam Klorida dengan Proses Direct Neutralization Kapasitas 110.000 Ton/Tahun
PENGARANG:Rizali Aris Rahman
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-10


 

      Amonium Klorida dengan rumus molekul NH4Cl atau biasa disebut sal amoniac adalah senyawa anorganik berbentuk garam kristal yang sangat larut dalam air. Secara umum, Amonium Klorida digunakan sebagai bahan baku dalam industri pupuk, industri baterai kering, obat batuk (expectorant) dll. Setiap tahun kebutuhan Amonium Klorida mengalami peningkatan sehingga dalam memenuhi kebutuhan dilakukan impor dari berbagai negara. Pabrik ini akan didirikan di Santan Tengah, Marang Kayu, Kalimantan Timurpada tahun 2027 dengan kapasitas sebesar 110.000 ton/tahun.

                Proses yang digunakan pada pembuatan Amonium Klorida adalah direct neutralization dengan mereaksikan Amonia dan Asam Klorida. Reaktor yang digunakan adalah Fluidized Bed Reactor dengan kondisi operasi 25oC dan tekanan 1 atm yang dilengkapi koil. Kristal Amonium Klorida dikeringkan di rotary dryer agar kadar airnya berkurang. Didapatkan produk dengan kemurnian 99,5%.

   Pabrik Amonium Klorida berbentuk Perseroan Terbatas (PT). Tenaga kerja yang dibutuhkan sebanyak 157 orang. Berdasarkan analisa ekonomi didapatkan Return of Investment (ROI) sebelum pajak sebesar 23,34 % dan Return of Investment (ROI) sesudah pajak sebesar 15,82 %. Pay Out Time (POT) sebelum pajak yaitu 3,1 tahun dan Pay Out Time (POT) sesudah pajak sebesar 4,2 tahun. Sehingga diperoleh Break Event Point (BEP) sebesar 45% dan Shut Down Point (SDP) sebesar 29%. Berdasarkan pertimbangan hasil analisa ekonomi tersebut, maka pabrik Amonium Klorida dengan kapasitas 110.000 ton/tahun ini layak dikaji untuk didirikan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI