DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Bentuk Penyajian dan Fungsi Tari Piring Di Sanggar Umbuik Mudo Pada Kerukunan Keluarga Minang Saiyo Sakato (KKMSS) di Kota Banjarmasin
PENGARANG:RINA NUR ASTUTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-12


 

 

ABSTRAK

Nur Astuti, Rina. 2022. Bentuk Penyajian dan Fungsi Tari Piring Di Sanggar Umbuik Mudo Pada Kerukunan Keluarga Minang Saiyo Sakato (KKMSS) di Kota Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (1) Dr. Tutung Nurdiyana, S.Sos, MA, M.Pd (2) Sulisno, S.Sn.,M.A.

            Kesenian Tari Piring dari Suku Minangkabau di Sanggar Umbuik Mudo Pada Kerukunan Keluarga Minang Saiyo Sakato (KKMSS) di Kota Banjarmasin sangat menarik karna dikembangkan menjadi sebuah tarian baru. Tari Piring berperan sebagai gambaran budaya masyarakat suku Minangkabau di bumi Lambung Mangkurat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, diuraikan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data di lakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bentuk Penyajian dan fungsi Tari Piring di Sanggar Umbuik Mudo pada Kerukunan Keluarga Minang Saiyo Sakato di Banjarmasin (KKMSS). Hasil penelitian ini adalah bentuk penyajian tari piring di Sanggar Umbuik Mudo pada Kerukunan Keluarga MinangSaiyo Sakato(KKMSS) di Banjarmasin. Tari piring kreasi yang berpijak pada gerak/ragam tari piring pada umumnya serta menggambarkan karakteristik suku Minangkabau yaitu bertani, dengan kostum tari khas  suku Minangkabau yaitu baju kurung, tangkaluak/tanduk, dan juga propertinya yaitu piring. Sedang fungsi dari Tari piring di Sanggar Umbuik Mudo pada Kerukunan Keluarga Minang Saiyo Sakato (KKMSS) di Banjarmasin adalah 1) sebagai sarana media hiburan masyarakat,  2) sajian pertunjukan pada acara halal bihalal Kerukunan Keluarga Minang Saiyo Sakato (KKMSS) 3) penguat identitas budaya suku Minangkabau.

 

Kata Kunci : Bentuk Penyajian, Fungsi, Tari Piring

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI