DIGITAL LIBRARY



JUDUL:INTERAKSI SOSIAL MAHASISWI PENGHUNI KOS PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KOS SALON FERZA JL. BRIGADIR JENDERAL H. HASAN BASRI, CENDANA III, KELURAHAN SUNGAI MIAI, KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:NURUL FAJARINI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-13


Nurul Fajarini, 2022. Interaksi Sosial Mahasiswi Penghuni Kos pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kos Salon Ferza Jl. Brigadir Jenderal H. Hasan Basri, Cendana III, Kelurahan Sungai Miai, Kecamatan Banjarmasin Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Syahlan Mattiro, (2) Cucu Widaty.

Kata Kunci: Interaksi Sosial, Mahasiswi, Penghuni Kos

Interaksi sosial adalah hubungan timbal balik yang muncul pada kelompok masyarakat, individu dengan individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Mahasiswi yang tinggal di kos menimbulkan adanya interaksi antar sesama pneghuni. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui gambaran interaksi sosial mahasiswi kos salon Ferza pada masa pandemi covid-19 . (2) mengetahui kendala interaksi sosial mahasiswi kos salon Ferza pada masa pandemi covid-19.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sumber data yang dipilih secara purposive dan informan dalam penelitian ini berjumlah 5 orang. Tekhnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang dipakai dalam penelitian yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) gambaran interaksi sosial mahasiswi kos salon Ferza pada masa pandemi covid-19 . Pada masa pandemi covid-19, interaksi sosial pada mahasiswi penghuni kos salon Ferza tidak terlalu intens seperti sebelum adanya pandemi, adanya peraturan menjaga jarak membuat para mahasiswi di kos jarang keluar kamar , jarang melakukan aktivitas bersama. Namun adanya pandemi tidak sepenuhnya menghilangkan interaksi sosial diantara mereka, perasaan senasib menimbulkan adanya sikap tolong-menolong di antara mereka  (2) kendala terbentuknya interaksi sosial mahasiswi kos salon Ferza pada masa pandemi covid-19. Pada masa pandemi covid-19, interaksi sosial mahasiswi penghuni kos salon Ferza sulit dilakukan karena berkurangnya tatap muka, terciptanya peraturan baru, serta adanya rasa takut terhadap teman sesama penghuni kos yang pulang dari bepergian.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan kepada penghuni kos salon Ferza agar tetap menjaga interaksi sosial diantara mereka, serta diharapkan dapat menyikapi kendala yang muncul pada interaksi sosial yang disebabkan oleh adanya pandemi covid-19.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI