DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PROFIL KANDUNGAN PROKSIMAT BIJI DAN DAGING BUAH TIGA VARIETAS DURIAN (Durio zibethinus Murr.) ASAL BENTOK DARAT KECAMATAN BATI-BATI KABUPATEN TANAH LAUT
PENGARANG:Karlina Rizki Amalia
PENERBIT:FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
TANGGAL:2018-09-19


ABSTRAK
PROFIL KANDUNGAN PROKSIMAT BIJI DAN DAGING BUAH TIGA VARIETAS DURIAN (Durio zibethinus Murr.) ASAL BENTOK DARAT KECAMATAN BATI-BATI KABUPATEN TANAH LAUT (Oleh Karlina Rizki Amalia; Pembimbing: Rusmiati, Sasi Gendro Sari; 2018; 31 halaman)
Durian merupakan salah satu buah tropis bernilai ekonomi tinggi dan kaya akan manfaat bagi kesehatan terutama bagian biji dan daging buahnya. Banyak manfaat yang diberikan oleh daging buah dan biji durian. Tujuan dari penelitian ini adalah membandingkan kandungan biji dan daging buah durian asal lokal yang diambil adalah Sibungkuk, Siketuyung, Sihintalu. Biji dan daging buah tiga durian lokal dijadikan serbuk simpilia dengan metode pengambilan dan penyiapan sampel untuk kemudian diukur kandungan proksimat berupa karbohidrat, lemak, protein, serat kasar, kadar abu dan kadar air. Data yang didapatkan dianalisis secara kualitatif dengan membandingkan profil kandungan proksimat daging buah durian dengan data dari Antarlina (2009) ; data proksimat biji durian dibandingkan dengan data yang terdapat pada Direktorat Gizi Departemen Kesehatan RI (2015).Data kuantitatif di uji secara statistik menggunakan ANOVA dengan taraf nyata 5%, dilanjutkan dengan uji DMRT. Untuk mengetahui perbedaan rata-rata profil proksimat antara daging buah dan biji durian dilakukan uji T Independent Samples dengan taraf nyata 5%. Hasil penelitian menunjukkan profil kandungan proksimat daging buah tiga varietas durian lokal berbeda nyata pada kandungan protein dan karbohidrat. Pada biji berbeda nyata pada kandungan abu, protein dan karbohidrat. Daging buah tiga varietas durian memiliki kandungan air, kandungan protein, kandungan lemak, dan kandungan serat kasar yang berbeda sangat nyata dengan biji durian, tetapi memiliki kadar abu dan kandungan karbohidrat yang sama dengan biji durian.
Kata kunci: Kandungan proksimat, durian, Bentok Darat

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI