DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Pengelolaan Sungai Pekapuran Kota Banjarmasin
PENGARANG:Aulia Rahmi
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-14


ABSTRAK

AULIA RAHMI, 1810413220002, 2022. “Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Pengelolaan Sungai Pekapuran Kota Banjarmasin” dibawah bimbingan Saifudin selaku pembimbing.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kebijakan pemerintah terhadap pengelolaan sungai pekapuran Kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Focus penelitian menggunakan teori Van Metter dan Van Horn, ukuran dan tujuan kebijakan, sumber daya, karakteristik agen pelaksana, sikap atau kecenderungan (disposition) para pelaksana, komunikasi antar-organisasi dan aktivitas pelaksana, lingkungan ekonomi, sosial dan politik.

Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kebijakan pemerintah terhadap pengelolaan sungai pekapuran Kota Banjarmasin yang kurang tercapai. Hal ini terlihat dari indikator Ukuran dan Tujuan Kebijakan pada empat kegiatan upaya pengelolaan sungai, yaitu: kegiatan perencanaan dan pemanfaatan yang telah terpenuhi, namun pada kegiatan pengembangan dan pemeliharaan yang masih belum terpenuhi karena masih adanya tumpukan sampah dan kurangnya pengoptimalan fungsi sungai. Sumber Daya yang didukung dengan adanya keterlibatan banyak pihak dan dana yang dialokasikan dari APBD Kota Banjarmasin, namun sumber daya waktu yang belum berjalan dengan baik. Karakteristik Agen Pelaksana yang sudah cukup baik walaupun mendapatkan tanggapan yang beragam dari masyarakat. Sikap atau Kecenderungan (Disposition) Para Pelaksana yang berjalan dengan cukup baik, namun masih banyak yang belum mengetahui terhadap kebijakan ini. Komunikasi Antar-Organisasi dan Aktivitas Pelaksana terjalin dengan baik dan lancar baik dari para pelaksana maupun terhadap masyarakat. Dan Lingkungan Ekonomi, Sosial dan Politik yang tidak banyak dampak yang dirasakan masyarakat.

Kepada Pemerintah Kota Banjarmasin bisa melaksanakan kegiatan pengembangan, pemanfaatan dan pemeliharaan sungai sebagai tindakan dalam upaya pengelolaan sungai Pekapuran. Masyarakat setempat turut ikut melaksanakan kebijakan tersebut dengan sesuai arahan dan ikut keterlibatan dalam kegiatan pengelolan sungai.

Kata kunci: implementasi, kebijakan, pengelolaan, sungai

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI