DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI SENI TARI RONGGENG PASER TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL AUD (STUDI MULTI SITUS DI TK KARTIKA V-14 TANAH GROGOT DAN TK KUNCUP KUNCUP HARAPAN TANAH GROGOT)
PENGARANG:MIKA ATY
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-14


ABSTRAK

Aty, Mika. 2022. Implementasi Seni Tari Ronggeng Paser Terhadap  Perkembangan Sosial Emosional AUD (Studi Multi Situs di TK Kartika V-14 Tanah Grogot dan TK Kuncup Harapan Tanah Grogot). Tesis, Program Studi Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarja Universitas lambung Mangkurat Banjarmasin Pembimbing:(I) Ibu Dr. Hj. Darmiyati, S.Pd.,M.Pd (II) Bapak Dr, Ir. Agus Rifani Syaifuddin.,MM

KataKunci:Seni,TariRongengPaser,PerkembanganSosialEmosional

 

Masih kurangnya lembaga sekolah dalam mengimplementasikan Tari Daerah terutama Tari Daerah Rongeng Paser, dan juga rendahnya Perkembangan sosial emosional terlihat dibeberapa lembaga sekolah, namun peneliti melihat perkembangan sosial emosional yang baik dilembaga sekolah yang memiliki program unggulan seni tari, yatitu TK Kartika V-14 Tanah Grogot dan Kuncup sehingga peneliti sangat merasa tertarik melakukan penelitian Implementasi, strategi pembelajaran seni tari ronggeng di kedua lembaga PAUD.

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis implementasi pembelajaran seni tari ini dalam perkembangan sosial emosional AUD di dua lembaga sekolah yang tidak lepas dari peran guru, dan warga sekolah sehingga menghasilkan mutu pendidikan yang berkualitas.

Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data pada suatu latar alamiah dengan maksud menafsirkan fenomena yang terjadi, sebagai kunci pengambilan sampel, sumber data yang dilakukan secara purposive, dan snowball, teknik pengumpulan dengan trianggulasi. Jenis Penelitian yang dilakukan peneliti ialah studi multi-situs sebagai bentuk penelitian Kualitatif yang digunakan untuk mengembangkan teori yang diangkat dari beberapa latar penelitian yang serupa, sehingga dapat dihasilkan teori yang dapat ditrasfer ke situasi yang lebih luas, dan lebih umum.

Hasil Penelitian yang diperoleh yaitu: 1)MetodePembelajaran Seni Tari Ronggeng Paser dengan Program unggulan, kelas minat dan bakat, dan Rencana Pembelajaran Mingguan. 2)Implementasi Tari Ronggeng Paser dengan adanya Sarana Prasarana, Peran Pendidik, dan Pembiasaan.3)Strategi Seni Tari Ronggeng paser ini dengan Pra Pengenalan, Pengenalan, dan Evaluasi.4) Temuan Perilakuperkembanganyangmuncul, percaya diri, mandiri, dan mudah berinteraksi dengan orang lain.

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI