DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI BIOGRAFI PENGRAJIN ALAT MUSIK PANTING KALIMANTAN SELATAN (M. HUSNI)
PENGARANG:Brian Ramadhan Saputra
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-14


Abstrak: PenulisaninibertujuanmendeskripsikanperjuanganpengrajinalatmusikpantingdalammengembangkandanmempertahankanalatmusiktradisionalKalimantan Selatan baik didalam negri maupun di luar negri. Skripsi ini berupayamenjelaskan sosok pengrajin alat musik panting sebagai seorang pengrajin alat musikdan seniman yang mempunyai karya khas, sehingga menjadi satu-satunya di SungaiLulut Kalimantan Selatan. Ruang lingkup kajian ini meliputi aktifitas usaha pengrajinalat musik dalam mengembangkan dan mempertahankan obsesinya didunia musiktradisional. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif denganmetode deskriptif. Instrumen penelitian adalah human instrument. Teknik pengumpulandatayangdigunakanadalahobservasi,wawancaradandokumentasigunamengujikebenaran data. Dari penelitian ditemukan bahwa sebagai seorang seniman sekaliguspengrajin alat musik tradisional, para seniman ini selalu mementingkan perkembangankebudayaan yang terus berlanjut dan menjadi penerus budaya itu sendiri yang tetapterjagadantidakdimanipulasi.Denganpenulisanskripsiinidiharapkandapatmemberikan pandangan dan sisi tentang obsesi seorang yang memiliki keunikan dalammenentukan pilihan sebagai seniman sekaligus pengrajin alat musik tradisional. Adatiga hasil temuan penelitian: pertama mendeskripsikan riwayat pengrajin alat musikpanting yang terus membuat alat musik panting dengan menggeluti pekerjaan hanyamenjadipengrajinhinggaterjunlangsungmenjadipelakusenimusikpantingdanmemasarkannyasecaralangsung.KeduaFaktorkaryakhaspengrajinalatmusikpanting. Ketiga mendeskripsikan hubungan pengrajin alat musik dengan lingkungankesenian.

  Kata Kunci: Pengrajin, Panting

 

 

 

 

 

Abstract: This writing aims to describe the struggle of painting musical  instrument artisan in developing and preserving traditional musical instruments South Kalimantan both domestically and abroad. This thesis attempts to explain the figure of a painting musical instrument artisan as a musical instrument craftsman and artists who have characteristic works, so they are the only ones on the river lulut South Kalimantan. The scope of this study includes the business activities of artisan musical instrument in developing and preserving his obsession in the world of music traditional. This research uses a qualitative approach with descriptive method. The research instrument is a human instrument. The data collection technique used is interview observation and documentation to test the validity of the data. From the research it was found that as an artist and artisan of traditional musical instruments at the same time artisan of traditional musical instruments, these artists always attach importance to cultural development which continues and becomes the successor of the culture it self still awake and not manipulated. By writing this thesis, hopefully it can provide point of view and sides about the obsession of someone who is unique in making a choices as an artist and artisan of traditional musical instruments. There is three research findings: The first describes the history of musical instrument artisan painting who continues to make painting musical instruments by doing his job only become a artisan to become an painting musical artist and market it directly. The second special works of painting musical instrument artisan. The third to describes the link between musical instrument artisan and the environment art.

Keywords: craftsman, panting

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI