DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KAJIAN TEKNIS PRODUKTIVITAS ALAT GALI MUAT DAN ALAT ANGKUT PADA AKTIVITAS PEMINDAHAN OVERBURDEN DI PT. TANJUNG ALAM JAYA, KECAMATAN PENGARON, KABUPATEN BANJAR, KALIMANTAN SELATAN
PENGARANG:MUHAMMAD MAHFUZ
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-14


      Alat gali muat dan alat angkut merupakan peralatan utama yang digunakan pada kegiatan pemindahan overburden. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung produktivitas alat gali muat dan alat angkut pada proses pemindahan overburden, agar dapat mengetahui ketercapaian target produktivitas yang sudah ditentukan oleh perusahaan, yaitu alat gali muat dengan target produktivitas 404BCM/Jam dan  alat angkut dengan target produktivitas 95 BCM/Jam di lokasi PIT1D.

            Metodologi yang digunakan pada penelitian ini yaitu pengumpulan data secara langsung dilapangan pada kegiatan pemindahan overburden. Observasi dilakukan pada alat gali muat dan alat angkut (waktu siklus, waktu tunda, dan bucket fill factor) maupun pada sifat material (bucket fill factor dan swell factor). Data yang dikumpulkan dari pengamatan kemudian dihitung menggunakan rumus atau persamaan untuk mendapatkan produktivitas alat gali muat dan alat angkut. Kemudian dapat ditarikkesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan agar target produktivitas alat mekanis dapat tercapai.

            Berlandaskan studi disimpulkan bahwa Faktor yang mempengaruhi produktivitas alat gali muat yaitu delay time, dengan rata-rata delay pada Hyundai R1250 1786 detik, semakin besar nilai delay time maka semakin kecil juganilaiproduktivitasyangdihasilkanolehsebabexcavatoryangmenunggualatangkutdan menggantung.Faktoryangmempengaruhiproduktivitasalatangkutyaitu cycle time, dikarenakan jarak tempuh dari front kerja overburden kedisposal±1400meter.Rekomendasi sebagai upaya peningkatan produktivitas pada alat gali muat, bisa dilakukan dengan meningkatkan cycle time alat angkut dengan menggunakan nilai cycle time minimum pada alat angkut, sehingga dapat mengurangi delay time pada alat gali muat yang semula sebesar 1788 detik dapat berkurang menjadi 1390 detik, sehingga efisiensi kerja alat gali muat yang semula 49,51% meningkat menjadi 54%, dan produktivitas alat gali muat menjadi 409,26 BCM/Jam yang artinya target produktivits alat gali muat dapat tercapai.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI