DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KOTORAN SAPI DAN TINGGI GENANGAN TERHADAP PERUBAHAN pH, Fe-LARUT DAN P-TERSEDIA DI TANAH SULFAT MASAM AKTUAL (SULFAQUEPT)
PENGARANG:NOOR SOLEHA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-15


Oksidasi pirit menurunkan produktivitas tanah karena kemasaman tanah yang tinggi menyebabkan peningkatan kelarutan unsur beracun dan rendahnya unsur hara. Pemberian bahan organik dan tinggi genangan membantu mencegah terjadinya oksidasi pirit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pupuk kotoran sapi dengan berbagai tinggi genangan terhadap perubahan pH, Fe-larut dan P- tersedia di tanah sulfat masam aktual.  Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai Maret 2022. Metode penelitian ini berupa metode inkubasi dengan bentuk percobaan Rancangan Acak Lengkap (RAL) faktorial dengan tiga kali ulangan. Faktor yang dicobakan adalah pemberian pupuk kotoran sapi dosis 0, 10 dan 20 t ha-1 dan tinggi genangan setinggi 5, 10 dan 15 cm.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian pupuk kotoran sapi ataupun tinggi genangan berpengaruh terhadap pH tanah tetapi tidak menunjukkan interaksi antara keduanya. Pemberian pupuk kotoran sapi dan tinggi genangan tidak berpengaruh terhadap penurunan kelarutan besi dalam tanah. Pemberian pupuk kotoran sapi dan tinggi genangan sangat berpengaruh terhadap peningkatan P-tersedia tanah dari kriteria sangat rendah menjadi sedang-sangat tinggi. Perlakuan terbaik terdapat pada pemberian pupuk kotoran sapi 20 t ha-1 dan tinggi genangan 15 cm .

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI