DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Penggunaan Instagram dengan Citra Tubuh Remaja di SMA Negeri 3 Banjarbaru
PENGARANG:ANASTHASIA FLORENTINA SIBORO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-16


Latar Belakang: Citra tubuh (body image) adalah sikap atau perasaan puas dan tidak puasnya individu terhadap tubuhnya sendiri, sehingga menghasilkan penilaian positif dan negatif. Salah satu faktor yang mempengaruhi citra tubuh adalah perbandingan dengan orang lain. Remaja biasanya melakukan perbandingan melalui media, salah satunya media sosial Instagram.

Tujuan: Untuk mengetahui hubungan penggunaan Instagram dengan citra tubuh remaja di SMA Negeri 3 Banjarbaru.

Metode: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif observasional analitik dengan desain penelitian cross sectional. Responden penelitian ini adalah 158 remaja di SMA Negeri 3 Banjarbaru dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu stratified random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner penggunaan Instagram dan Multidimensional Body-Self Relations Questionnaire Appearance Scale (MBSRQ-AS). Analisa data yang digunakan yaitu uji Chi Square.

Hasil: Hasil statistik menggunakan uji Chi Square didapatkan nilai p value<0.05 (0.044<0.05), dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan penggunaan Instagram dengan citra tubuh remaja di SMA Negeri 3 Banjarbaru.

Diskusi: Penggunaan Instagram yang tinggi berhubungan dengan remaja yang memiliki citra tubuh negatif (body image negative). Responden disarankan untuk dapat membatasi penggunaan Instagram dan lebih menghargai tubuhnya.

Kata kunci: Remaja, Citra tubuh, Instagram

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI