DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KOSAKATA MENGGUNAAKAN KOMBINASI MODEL PROBLEM SOLVING, MIND MAPPING, DAN TEAM GAMES TOURNAMENT SISWA KELAS 2 SDN LABUHAN KECAMATAN BATANG ALAI SELATAN
PENGARANG:WINDU AGUNG RELIAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-16


Relian,Windu Agung 2022. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Kosakata  Menggunakan Kombinasi ModelProblem Solving, Mind Mapping dan Teams Games Tournaments Kelas II  SDN Labuhan. Skripsi Program Pendidikan Guru SekolahDasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas LambungMangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Mahmuddin, M.Pd.

 

Kata Kunci: Problem Solving, Mind Mapping dan Team Games Tournament, meningkatkan Hasil Belajar.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa muatan Bahasa Indonesia menjadi tidak sesuai dengan diharapkan. Hal ini disebabkan karena siswa masih pasif dalam bertanya maupun berdiskusi, 60% dari jumlah keseluruhan siswa  hasil belajar tidak mencapai KKM, belum adanya penerapan model pembelajaran yang menyenangkan dan kurang mengingat dan memahami pembelajaran.Salah satu upaya meningkatkan hasil belajar yaitu melalui penggunaan model Problem Solving , Mind Mapping dan Teams Games Tournaments.Tujuan daripenelitian ini adalah untukuntuk  mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan menganalisis hasil belajar siswa.

Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjekpenelitian adalah siswa Kelas II  SDN Labuhan  tahun pelajaran2020/2021 sebanyak 10 orang. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatifdan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari observasi aktivitas guru dan siswa. Data kuantitatif diperoleh dari teknikpengukuran tes tertulis secara individu. Analisis data menggunakan tipeTransformative Mixed Methodes dengan interpretasi menggunakan DescriptiveAnalysis dan Cross Tabulation Analysis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajarsiswa pada siklus I pertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 1 meningkat dari 40% menjadi 70% dan hasil belajar siswa pada siklus IIpertemuan 2 menjadi 100% secara klasikal. Aktivitas guru pada siklus I pertemuan I sampai II pertemuan 2 meningkat dari 53% menjadi 94%. Dan aktivitas siswa pada siklus I pertemuan 1 sampai siklus II pertemuan 1 meningkat dari 20% menjadi 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa model Problem Solving ,  Mind Mapping dan Teams Games Tournaments dapatmeningkatkan aktivitas siswa serta hasil belajar siswa. Siswa menjadi lebih aktif, semangat dlam belajar, antusias dan mendapatkan nilai yang memuaskan. Disarankan penggunaan model tersebutsebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas siswa yang berdampakpada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI