DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kerja Sama Antar Petani Padi Pada Kegiatan Tajuk Di Desa Tanjungsari, Kecamatan Kelumpang Barat, Kabupaten Kotabaru
PENGARANG:OKTA DWI IDA ARIANTI KUSUMA Y
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-19


ABSTRAK

 

Okta Dwi Ida Arianti Kusuma Yulandasari, 2022. Kerjasama antar petani padu    pada    kegiatan tajuk di Desa Tanjungsari, Kecamatan Kelumpang Barat,     Kabupaten       Kotabaru, Skripsi Program     Pendidikan Sosiologi.        Jurusan            Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan IlmuPendidikan. Universitas Lambung  Mangkurat. Pembimbing (I) Sigit       Ruswinarsih, (II) Reski P.

                              

Kata Kunci: Petani, Masyarakat Pedesaan, Kerja Sama, Tajuk

 

Sistem kerja sama yang terjadi dikalangan masyarakat petani padi tidak mudah ditemukan pada era sekarang ini karena petani kebanyakan lebih memilih sistem upah dibandingkan dengan sistem kerja sama. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan faktor yang mendorong terjadinya kerja sama masyarakat petani padi pada kegiatan tajuk (2) menemukan bentuk kerja sama masyarakat petani padi pada kegiatan tajuk.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data dipilih secara purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 11 orang. instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis hasil penelitian menggunakan analisis kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) faktor yang mendorong masyarakat petani padi melaksanakan kegiatan tajuk dengan sistem kerja sama yaitu terdapat tiga faktor yaitu diantaranya, a. karena adanya kepentingan yang sama, yaitu memudahkan pada saat musim panen dan adanya peraturan yang fleksibel, b. karena adanya orientasi (tujuan) yaitu untuk meringankan dalam aspek tenaga kerja dan meringankan dalam aspek ekonomi, c. untuk menolong orang lain yaitu terlihat pada tetangga dan sanak saudara yang ikut serta dalam kegiatan kerja sama tajuk. (2) bentuk kerja sama antar petani padi dalam kegiatan tajuk ada dua yaitu bargaining dan gotong royong.

Berdasarkan dari hasil penelitian ini, disarankan bagi masyarakat Desa Tanjungsari maupun pihak terkait lainnya untuk selalu memupuk serta membina semangat dan meningkatkan kegiatan gotong royong untuk memupuk nilai-nilai moral serta rasa persaudaraan dan rasa kekeluargaan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI