DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERILAKU ALTRUISME TOKOH UTAMA DALAM NOVEL CANTIK ITU LUKA KARYA EKA KURNIAWAN
PENGARANG:Rustiana Ummy
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-20


Abstrak

 

Ummy, Rustiana. 2022. Perilaku Altruisme Tokoh Utama dalam Novel Cantik Itu Luka KaryaEka Kurniawan. Tesis, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (1) Dr. H. Moh. Fatah Yasin, M. Pd. dan (2) Dr. H. M. Rafiek, M.Pd.

Kata Kunci: Perilaku, altruisme, Tokoh Utama, Cantik Itu Luka

 

       Perilaku altruisme adalah pertolongan yang diberikan secara tulus, tanpa mengharapkan balasan apa pun untuk dirinya. Perilaku altruisme penting dilakukan untuk memberikan pengetahuan mengetahui sisi kehidupan manusia dengan segala perilaku luapan kejiwaannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang perilaku altruisme tokoh utama dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan. Secara khusus, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perilaku altruisme tokoh utama dalam konteks norma sosial dan dalam norma kekerabatan. Sumber data dalam penelitian ini adalah novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan yang diterbitkan oleh Jendela Gramedia Pustaka Utama, Jakarta dan diterbitkan tahun 2002, terdiri atas 536 halaman.

       Analisis yang digunakan sebagai dasar dalam penelitian ini adalah psikologi dan sosiologi sastra yang menitikberatkan pada pendekatan tekstual, yaitu pendekatan psikologi dan sosiologi sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metodedeskriptifanalisis,yaitumetodeyangmenggunakancaramendeskripsikanfakta-fakta(datadarinovel)dilajutkandengananalisis.

       Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku altruisme dalam novel Cantik Itu Luka karya Eka Kurniawan terwakilkan oleh sosok Dewi Ayu sebagai tokoh utama yang dibuktikan melalui tindakan menolong tokoh lain secara tulus, murni, tanpa mendapatkan balasan apa pun untuk dirinya. Perilaku tersebut terwujud dalam bentuk perilaku altruisme dalam konteks norma sosial dan norma kekerabatan. Perilaku altruisme tokoh utama dalam konteks norma sosial ditemukan empat aspek motivasi untuk menolong, yaitu:(1) adanya kehadiran orang lain, (2) menunjukkan kondisi lingkungan, (3) adanya tekanan waktu, dan (4) menunjukkan menolong orang yang disukai. Perilaku altruisme tokoh utama dalam konteks norma kekerabatan ditemukan dalam tigamotivasi untuk menolong, yaitu (1)aspek perlindungan kerabat (kin altruism), (2) aspek biologik (biological altruism), dan (3) aspek orientasi seksual.

 

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI