DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA DINAS LINGKUNGAN HIDUP TERHADAP PENGELOLAAN BANK SAMPAH MASYARAKAT DI KECAMATAN BANJARMASIN UTARA
PENGARANG:HAIRUL
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-21


ABSTRAK

Hairul. D1A115214, 2022, Kinerja Dinas  Lingkungan Hidup Terhadap Pengelolaam Bank Sampah Masyarakat Di kecamatan banjarmasin Utara. Dibawah bimbingan Aulia

 

Permasalahan sampah yang terjadi di kota-kota di indonesia masih menjadi hal yang sulit untuk diatasi oleh pemerintah pusat maupun daerah. Permasalahan sampah tersebut harus diatasi dengan pengelolaan sampah yang tepat  dan benar berdasarkan sistem pengelolaan sampah 3R yaitu reduce, reuse, dan recycle melalui bank sampah. Hal ini yang menyebabkan pemerintah kota banjarmasin melalui Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin menyelenggarakan kegiatan bank sampah untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut yang ada di lingkungan masyarakat. Berdasarkan pemaparan tersebut maka dibuat skripsi  berjudul  “Kinerja Dinas Lingkungan Hidup Terhadap Pengelolaan Bank Sampah Masyarakat Di Kecamatan Banjarmasin Utara” permasalahan yang diangkat melalui penelitian ini bagaimana kinerja pengelolaan bank sampah yang ada dimasyarakat serta faktor apa saja yang menghambat jalannya Bank Sampah yang ada di masyarakat.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa bagaimana kinerja pengelolaan bank sampah masyarakat di kecamatan banjarmasin utara kota banjarmasin, serta faktor-faktor apa saja yang dapat menghambat jalannya kegiatan bank sampah. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan tipe penelitian deskriptif kualitatif dan di dukung oleh analisis wawancara dengan berbagai narasumber. Teknik analisa data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan, penarikan kesimpulan

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kinerja Dinas Lingkungan Hidup Terhadap Pengelolaan Bank Sampah Masyarakat Di Kecamatan Banjarmasin Utara belum berjalan efektif dan efesien hal ini dapat dilihat dari tiga indikator pengukuran kinerja pengelolaan yaitu ; 1) Pencapaian Tujuan ; Kurun Waktu, Sasaran, Dasar Hukum, 2) Integrasi ; Prosedur, Proses Sosialisasi, 3) Adaptasi ; Peningkatan Kemampuan, Dan Sarana Prasarana. Sedangkan, Faktor Penghambar Kinerja Pengelolaan Bank Sampah Masyarakat Di Kecamatan Banjarmasin Utara Yaitu ; 1) Kurangnya Pengawasan, 2) Kurangnya Sosialisasi, Dan 3) Kurangnya Partisipasi Masyrakat.

Kata Kunci : Kinerja Pengelolaan, Bank Sampah, 3R (reduce,reuse,recycle)

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI