DIGITAL LIBRARY



JUDUL:SOSIALISASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH MELALUI MEDIA MASSA DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR
PENGARANG:FEBRIAULFAH YANRA KATIMENTA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-21


ABSTRAK

Febriaulfah Yanra Katimenta. 1810413220015. Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Daerah Melalui Media Massa di Kabupaten Kotawaringin Timur. Dibimbing oleh Arif Rahman Hakim.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sosialisasi kebijakan pemerintah daerah melalui media massa di Kabupaten Kotawaringin Timur. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Penentuan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data(penyajian data), dan kesimpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian Sosialisasi Kebijakan Pemerintah Daerah melalui Media Massa di Kabupaten Kotawaringin Timur ialah: Pertama, media massa yang digunakan untuk mensosialisasikan kebijakan pemerintah daerah antara lain; Media cetak yaitu Radar Sampit, media elektronik yaitu Hayat TV, serta media online yaitu Mata Kalteng, Berita Sampit, dan Radar Sampit; Kedua, media sosialisasikebijakan pemerintah daerah terdiri atas website resmi pemerintah daerah,  sosialisasi melalui kanal khusus daerah di media online, halaman khusus di media cetak, media sosial baik media sosial yang dikelola oleh pemerintah daerah maupun media massa, dan sosialisasi melalui berita di media elektronik daerah; Ketiga, pemerintah daerah melakukan kerjasama dengan media massa dalam melakukan sosisalisi kebijakan dengan menetapkan ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi oleh media. Kriteria tersebut meliputi legalitas, status di dewan pers, analisis tingkat kunjungan di google, serta sertifikasi wartawan media tersebut.

Penulis menyarankan kepada pemerintah daerah perlunya kebijakan berupa peraturan-peraturan yang mengatur kemitraan antara pemerintah daerah dengan media massa agar memberikan kepastian hukum. Sebaiknya seluruh SOPD di Kabupaten Kotawaringin Timur memberikan informasi-informasi mengenai kinerja sehingga masyarakat mengetahui apa yang telah dikerjakan oleh pemerintah daerah. Media massa hendaknya meningkatkan kualitas, meliputi sertifikasi wartawan, memperluas jangkauan membaca, serta perbaikan kualitas berita. 

Kata Kunci: Sosialisasi Kebijakan, Pemerintah Daerah, Media Massa

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI