DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Media Lotto dalam Meningkatkan Kemampuan Persepsi Visual Anak Tunagrahita di Yayasan Melati Anak Bangsa Martapura
PENGARANG:Anissa Salsabila Utami
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-21


ABSTRAK

Utami, Anissa Salsabila. 1810127220028. 2022. Efektivitas Media Lotto dalam Meningkatkan Kemampuan Persepsi Visual Anak Tunagrahita di Yayasan Melati Anak Bangsa. Dosen Pembimbing I : Mirnawati, Dosen Pembimbing II : Hayatun Thaibah.

Kata Kunci      : Anak Tunagrahita, Media Lotto, Persepsi Visual

       Penelitian ini tentang anak tunagrahita dengan kategori ringan yang memiliki permasalahan pada persepsi visual yaitu dalam mempersepsikan warna, Hal tersebut terlihat ketika anak tidak dapat mengenali warna-warna yang ada disekitarnya, anak cenderung sulit dalam menyebutkan dan menunjukkan warna dengan tepat. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan persepsi visual melalui media Lotto pada anak tunagrahita di Yayasan Melati Anak Bangsa.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian SSR (Single Subject Research), desain penelitian yang digunakan adalah A1-B-A2. Teknik pencatatan data menggunakan produk permanen dengan pencatatan data kejadian (magnitude). Teknik analisis data menggunakan analisis visual grafik meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Jumlah subjek pada penelitian ini sebanyak satu anak terapi di Yayasan Melati Anak Bangsa Martapura. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada kemampuan persepsi visual, terbukti dari data yang diperoleh selama kondisi baseline 1 (A1), rata-rata presentase atau mean level sebesar 36%, kemudian selama kondisi intervensi (B), mean level sebesar 59%, dan selama kondisi baseline 2 (A2) sebesar 81%. Hasil overlap dari A1 ke B adalah 0% dan B ke A2 adalah 0%.

Hasil peneliian ini dapat disimpulkan bahwa media Lotto efektif untuk digunakan pada anak tunagrahita dalam meningkatkan kemampuan perspesi visual. Melalui penelitian ini diharapkan dapat mengembangkan pengetahuan serta dapat menjadi referensi bagi guru, sekolah maupun peneliti selanjutnya dalam meningkatkan kemampuan persepsi visual anak tunagrahita terutama dalam mempersepsikan warna.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI