DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH BODY IMAGE TERHADAP SELF-ESTEEM PADA SISWA DI SMP NEGERI 27 BANJARMASIN
PENGARANG:SYAFIRA IKA PUTRI NURALIFA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-22


Syafira Ika Putri Nuralifa. 2022. Pengaruh Body Image Terhadap Self-Esteem Pada Siswa di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. Ali Rachman, M.Pd, (II)Muhammad Arsyad, M.Psi., Psikolog.

Kata Kunci: body image, self-esteem, siswa

 

Remaja mengalami berbagai perubahan salah satunya perubahan pada bentuk tubuh. Penilaian mengenai bentuk tubuh pada remaja dapat memunculkan masalah yang berdampak terhadap body image remaja. Masalah body image yang utama yaitu hilangnya harga diri jika remaja tidak dapat menerima keadaan tubuh dengan apa adanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh body image terhadap self-esteem pada siswa di SMP Negeri 27 Banjarmasin.

Pendekatan pada penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian pengaruh. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 27 Banjarmasin dengan alat pengumpulan data berupa angket dengan populasi sebanyak 592 siswa. Teknik penarikan sampel menggunakanteknik random samplingdengan sampel sebanyak 239 sampel. Pengumpulan data yang digunakan yaitu skala body image dan skala self-esteem. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi r = 0.616 dengan signifikansi p = 0.000 (p < 0.05). Analisis koefisien determinasi (r2) menunjukkan sumbanganbody image untuk self-esteem sebesar 37,9%. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh body image terhadap self-esteem pada siswa di SMP Negeri 27 Banjarmasin. Saran bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mencari kemungkinan faktor lain yang lebih besar pengaruhnya terhadap self-esteem.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI