DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EVALUASI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH) TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI KELURAHAN KELAYAN TIMUR KECAMATAN BANJARMASIN SELATAN KOTA BANJARMASIN
PENGARANG:NUR VINNI AMALITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-23


ABSTRAK

 

NurVinni Amalita, D1B115224: “Evaluasi Program Keluarga Harapan TerhadapKesejahteraan Masyarakat di Kelurahan KelayanTimur Kecamatan Banjarmasin Selatan KotaBanjarmasin”. Di bawah bimbingan Sandra Bhakti Mafriana (Pembimbing I)

 

            Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH)di Kelayan Timur Kecamatan Banjarmasin Selatan..

            Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif tipe diskriptif. Penelitian dilakukan di Kelurahan Kelayan Timur, Kecatan Banjarmasin Barat. Informan penelitian adalah Kepala Dinas Sosial Kota Banjarmasin. Lurah Kelayan Timur, Koordinator Sekretariat Pelaksana PKH Kota Banjarmasin, Pendamping PKH Kelurahan Kelayan Timur, dan Masyarakat Penerima Program PKH. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis dari Milles dan Humberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui keberhasiln program PKH menurut kriteria evaluasi Williem Dunn yaitu pada indikator efektivitas PKH di Kelurahan Kelayan Timur ini belum berjalan dengan baik. Dilihat dari pertemuan bulanan belum berjalan dengan baik, mengakibatkan banyak data yang tidak valid di pusat karena tidak ada pemutakhir data dan pembaruan data sehingga juga megakibatkan peserta yang menerima bantuan ada yang tidak sesuai dengan komponen. Indikator Efisiensi peserta PKH di Kelurahan Kelayan Timur Kecamatan Banjarmasin Selatan, Kota Banjarmasin itu masih tidak tau tentang rincian dana yang harus mereka terima setiap pencairan dana, mereka masih harus di berikan evaluasi informasi tentang PKH. Jadi dinilai dari aspek efisensi kebijakan PKH di Kelurahan Kelayan Timur ini belum efisien. Indikator Responsivitas PKH di Kelurahan Kelayan Timur Kecamatan Banjarmasin Selatan dapat disimpulkan bahwa sahnya respon masyarakat terhadap bantuan ini merasa puas dan terbantu dengan adanya PKH ini. Indikator pemerataan PKH di Kelurahan Kelayan Timur indikator ini belum berjalan dengan baik sesuai dengan harapan dapat disimpulkan bahwa dalam hal penyebaran bantuan PKH ini belum sepenuhnya secara merata, hal ini ditandai dengan data dari 91 kk yang mendapatkan bantuan sedangkan dalam data msyarakat prasejahtera sangat banyak. Indikator kecukupan PKH dinyatakan di Kelurahan Kelayan Timur hasil penelitian menunjukkan pada indikator ini bahwa dalam mencakup kecukupan belum berjalan dengan baik. Terakhir ketepatan PKH di Kelurahan Kelayan Timur bahwa ketepatan program keluarga harapan ini sudah tepat karena dalam menetukan peserta melalui banyak tahap dan harus mengikuti komponen-komponen yang telah ditentukan dan bantuan ini berguna bagi mereka yang menerima bantuan.

Saran yang diberikan peneliti agar bantuanPKH yang telah diberikan oleh pemerintah melalui Dinsos/ Kelurahan setempatbisa di manfaatkan dengan sebaik-baiknya sesuai kebutuhan yang tepat demimeningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Kata Kunci : Program Keluarga Harapan, Kesejahteraan, Masyarakat.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI