DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, ETOS KERJA DENGAN KINERJA MELALUI MOTIVASI KERJA GURU SMP NEGERI SEKECAMATAN BANJARMASIN TIMUR
PENGARANG:WIDYA PRATIWI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-24


Widya. 2022. Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Etos Kerja Dengan Kinerja Melalui Motivasi Kerja Guru SMP Negeri Sekecamatan Banjarmasin Timur. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing 1: Prof. Dr. H. Wahyu, MS Pembimbing II: Prof. Dr. Hj. Aslamiah, M.Pd., Ph.D.

 

Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional, Etos Kerja, Kinerja, Motivasi

 

Kinerja guru merupakan hasil kerja yang dicapai seseorang guru dalam melaksanakan tugas-tugas yang dibebankan kepadanya. Kepala sekolah berperan dan bertanggung jawab memimpin, mengorganisir, memantau, membina juga memperbaiki proses belajar mengajar, baik konsep manajerial dalam menciptakan etos kerja yang baik dan membangun motivasi kerja guru yang baik. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh secara langsung dan tidak langsung antara kepemimpinan transformasional kepala sekolah, etos kerja dan kinerja melalui motivasi kerja guru SMP Negeri Sekecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi (correlation research). Populasi penelitian sebanyak 237 guru dan diambil 149 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik random sampling. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan analisis jalur (path analysis).

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1)Terdapat hubungan signifikan secara langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan motivasi kerja, hasil uji menunjukkan signifikansi (sig.) 0,046 (2)Terdapat hubungan secara langsung etos kerja dengan motivasi kerja, hasil uji parsial menunjukkan (sig.) adalah 0,000 (3)Terdapat hubungan signifikan secara langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja. Dimana niali signifikansi (sig.) 0,000 (4)Terdapat hubungan signifikan secara langsung etos kerja dengan kinerja, nilai signifikansi (sig.) 0,049 (5).Terdapat hubungan signifikan secara langsung motivasi kerja dengan kinerja, nilai (sig.) 0,003 (6).Terdapat hubungan secara tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala sekolah melalui motivasi kerja dengan kinerja sebesar 0,042 (7).Hubungan secara tidak langsung etos kerja melalui motivasi kerja dengan kinerja sebesar 0,232.

Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan langsung yang signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, etos kerja dengan kinerja melalui motivasi kerja dan terdapat hubungan tidak langsung yang signifikan kepemimpinan transformasional kepala sekolah, etos kerja dengan kinerja melalui motivasi kerja. Saran kepada kepala sekolah lebih memberikan keteladanan dan memberikan lebih kepercayaan dalam menyelesaikan tugas yang sesuai dengan latar belakang dan kesanggupannya. Bagi guru di SMP Negeri Sekecamatan Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin disarankan lebih memperhatikan kesesuaian kurikulum dan perangkat mengajar, merencanakan kegiatan pembelajaran yang efektif dan efisien dan guru sebagai pendidik hendaknya lebih aktif dan kreatif sebagai upaya meningkatkan kinerja guru.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI