DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TERPAAN FILM STORY OF KALE TERHADAP PERSEPSI PENONTON TENTANG KEKERASAN DALAM PACARAN
PENGARANG:NONI AMELIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-26


ABSTRAK

 

Noni Amelia, 1710414620034, 2022, Pengaruh Terpaan Film Story of Kale terhadap Persepsi Penonton tentang Kekerasan Dalam Pacaran di Banjarmasin. Dibimbing oleh Yuanita Setyastuti dan Astinana Yuliarti.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh terpaan film Story of Kale: When Someone’s in Love (X) terhadap persepsi penonton tentang kekerasan dalam pacaran (Y) di Banjarmasin.

Jenis penelitian ini adalah eksplanatory kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 385 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala Likert, sedangkan analisis data menggunakan regresi linear sederhana dengan derajat kepercayaan 95%.

Berdasarkan hasil analisa dan pembahasan yang telah dilakukan oleh peneliti terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan film Story of Kale: When Someone’s in Love (X) terhadap persepsi penonton tentang kekerasan dalam pacaran (Y) di Banjarmasin sebesar 32,2%. Dimana semakin sering, semakin lama, dan semakin perhatian penonton di Banjarmasin dalam menonton film Story of Kale, maka semakin besar pula pengaruh yang akan ditimbulkan oleh film Story of Kale terhadap persepsi penonton tentang kekerasan dalam pacaran di Banjarmasin. Hasil kategori skor dari variabel Terpaan Film Story of Kale: When Someone’s in Love yaitu dengan rerata empirik (30,55) > rerata hipotetik (27,00) yang menunjukkan status tinggi, dan variabel Persepsi tentang Kekerasan dalam Pacaran yaitu rerata empirik (37,43) > rerata hipotetik (24,00) yang menunjukkan status tinggi.

Kata Kunci: Pengaruh, Terpaan Media, Persepsi, Kekerasan dalam Pacaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI