DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Tingkat Stres Kerja Perawat Selama Pandemi Covid-19 dengan Kinerja Perawat di ICU RSD Idaman
PENGARANG:YUNIAR AGUSTINA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-26


Latar Belakang: Pandemi Covid-19 menjadi tantangan tersendiri untuk perawat ICU. Munculnya pandemi Covid-19 menimbulkan dampak stres kerja yang meningkat akibat beban kerja yang tinggi. Stres kerja akan berdampak pada kinerja seseorang dimana akan terjadi penurunan kinerja. 

Tujuan: Mengetahui hubungan tingkat stres kerja perawat selama pandemi terhadap kinerja perawat di ICU RSD Idaman

Metode: Rancangan penelitian ini yang menggunakan penelitian korelation dengan desain cross-sectional. Teknik pengambilan sampel yaitu total sampling dengan sampel berjumlah 33. Menggunakan instrument ENSS dan 6DNS. Analisis data bivariat menggunakan uji korelasi spearman.

Hasil: Terdapat adanya hubungan negatif tingkat stres kerja selama pandemi Covid-19 terhadap kinerja perawat di ICU RSD Idaman Banjarbaru dengan nilai (P-value= 0,003, a= 0,05, r= -0,508). Hasil penelitian menunjukkan bahwa stres kerja sebagian besar menunjukan stres kerja sedang (52%) dan hampir seluruh responden memiliki kinerja tinggi (94%)

Pembahasan: Stres kerja sangat berhubungan pada kinerja seseorang terutama bagi perawat ICU selama Pandemi Covid-19.Semakin rendah tingkat stres kerja seseorang maka akan semakin tinggi kinerja seseorang begitupun sebaliknya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI