DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Wacana Pesan Pendidikan Dalam Film He Named Me Malala
PENGARANG:MUHAMMAD FAJAR IKHSANDI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-27


ABSRTRAK

 

            Muhammad Fajar Ikhsandi. D1C115026. 2022.  Analisis Wacana Pesan Pendidikan Dalam Film He Named Me Malala Dibimbing oleh Fahrianoor dan achmad bayu chandrabuwono

            Film He Named Me Malala ini menggambarkan berbagai realitas sosial yang ada di negara Pakistan yang berada di wilayah lembah swat di desa mingora dikuasai oleh kelompok Taliban dibawah kepemimpinan maulana fazlullah. Perilaku islam versi Taliban ini tidak sejalan dengan islam versi dunia yang mana dengan rezim Taliban ini membuat perempuan jatuh miskin, memperburuk kesehatan dan merebut hak-hak mereka untuk mendapatkan pendidikan. Namun dalam isi film ini kita akan ditunjukkan bagaimaina usaha dari Malala untuk memperjuangkan haknya dan perempuan lainnya dalam mendapatkan pendidikan yang setara dengan pendidikan laki-laki. Pembentukan pesan-pesan dalam film ini sangat menarik untuk diamati. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis wacana pesan pendidikan dalam film He Named Me Malala.

Dalam penulisan skripsi ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis wacana yang dikembangkan Teun Van Dijk. dengan menggunkan metode Van Dijk, penelitian wacana tidak hanya pada teks semata, tetapi juga bagaimana suatu teks diproduksi.

            Hasil penelitian ini akan menunjukkan pesan pendidikan mana yang sesuai dengan indicator pesan yang meliputi ajaran agama islam, pendidikan pengetahuan dan pendidikan kewarganeraan dan pembangunan pembentukan karakter/kepribadian dalam mengatasi kebodohan dan kesenjangan pengetahuan.

 

Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Pesan Pendidikan, Malala, Film He Named Me Malala

 

 

 

 

 

 

 

 

 

ABSRTRAK

 

Muhammad Fajar Ikhsandi. D1C115026. 2022. Discourse Analysis of Educational Messages in the Film He Named Me Malala Supervised by Fahrianoor and Achmad Bayu Chandrabuwono

            Film He Named Me Malala This illustrates the various social realities that exist in the country of Pakistan which is in the Swat Valley area in the village of Mingora controlled by the Taliban group under the leadership of Maulana Fazlullah. The behavior of the Taliban's version of Islam is not in line with the world's version of Islam where the Taliban regime makes women poor, worsens their health and takes away their rights to education. However, in the contents of this film, we will be shown how Malala's efforts to fight for her and other women's rights to get an education equal to that of men. The formation of messages in this film is very interesting to observe. The purpose of this study was to find out the discourse analysis of educational messages in filmsHe Named Me Malala.

In writing this thesis, the researcher uses a qualitative descriptive research type using discourse analysis developed by Teun Van Dijk. by using the Van Dijk method, discourse research is not only on the text alone, but also how a text is produced.

            The results of this study will show which educational messages are in accordance with the message indicators which include Islamic religious teachings, knowledge education and civics education and the development of character/personality formation in overcoming ignorance and knowledge gaps.

Keywords: Critical Discourse Analysis, Educational Message, Malala, The Film He Named Me Malala

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI