DIGITAL LIBRARY



JUDUL:GAMBARAN MOTIVASI PERAWAT TENTANG PELAKSANAAN KOMUNIKASI EFEKTIF SITUATION, BACKGROUND, ASSESSMENT, RECOMMENDATION DALAM TIMBANG TERIMA (Studi di Instalasi Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru)
PENGARANG:Noorlita Widyastuti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-27


ABSTRAK

 

GAMBARAN MOTIVASI PERAWAT TENTANG PELAKSANAAN KOMUNIKASI EFEKTIF SITUATION, BACKGROUND, ASSESSMENT, RECOMMENDATION DALAM TIMBANG TERIMA DI INSTALASI RAWAT INAP RSD IDAMAN KOTA BANJARBARU

 

Noorlita W

 

Latar Belakang: Rumah sakit dapat menetapkan dan juga melaksanakan proses komunikasi timbang terima. Komunikasi SBAR merupakan satu hal yang dapat meningkatkan motivasi dan psikomotor perawat. Motivasi salah satu faktor yang memengaruhi penerapan pada komunikasi efektif berbasis SBAR yang digunakan oleh perawat saat melakukan timbang terima pasien.

Tujuan: Mengetahui gambaran motivasi perawat tentang pelaksanaan komunikasi efektif Situation, Background, Assessment, Recommendation dalam timbang terima di Instalasi Rawat Inap RSD Idaman Kota Banjarbaru.

Metode: Desain penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif melibatkan 115 PPJA dan perawat pelaksana dengan teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif.

Hasil: Didapatkan bahwa sebanyak 60 responden (52,2%) memiliki motivasi kerja yang rendah. Motivasi intrinsik sebanyak 59 responden (51,3%) dan motivasi ekstrinsik 61 responden (53%) memiliki motivasi yang rendah.

Diskusi: Motivasi perawat, intrinsik dan ekstrinsik tentang pelaksanaan komunikasi fektif situation, background, assessment, recommendation dalam timbang terima memiliki motivasi yang rendah.

 

Kata Kunci: Komunikasi Efektif, Motivasi, Perawat, Timbang Terima

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI