DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KEMATANGAN BAWAHAN DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN STRES KERJA GURU DI SD NEGERI KECAMATAN BUKIT BATU KOTA PALANGKA RAYA, KALIMANTAN TENGAH
PENGARANG:NOVA SILVIA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-28


ABSTRAK

Silvia, Nova. 2022. Hubungan Kepemimpinan Kepala Sekolah, Kematangan Berprestasi dan Motivasi Berprestasi dengan Stres Kerja Guru Sekolah Dasar Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing I: Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd, Ph.D. Pembimbing II: Dr. Ngadimun, MM.

 Kata Kunci: Kepemimpinan, Kematangan, Motivasi, Stres Kerja

 Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan secara langsung dan tidak langsung kepemimpinan kepala sekolah,kematangan bawahan dan motivasi berprestasi denganstres kerja guru SDN Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode koresionaldengan pendekatan kuantitatifyang diformulakan kedalam model analisis jalur (path analysis). Populasi penelitian sebanyak sebanyak 171 guru dari 16 SDN yang berada di KecamatanBukit Batu dan diambil 119 responden sebagai sampel penelitian menggunakan rumus alokasi proporsional. Pengumpulan data menggunakan intrumen kuesioner dan analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis).

Hasil analisis nilai koefisien regresi variabel kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan stres kerja (Y) sebesar -0,253, kepemimpinan kepala sekolah (X2) dan motivasi berprestasi (Z) sebesar 0,264, Kematangan bawahan (X2) dan stres kerja (Y) sebesar -0,342, kematangan bawahan (X2) dan motivasi berprestasi (Z) sebesar 0,596, motivasi berprestasi (Z) dan stres kerja (Y) sebesar -0,288, kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan stres kerja (Y) melalui motivasi berprestasi (Z) sebesar -0,076 dan kematangan bawahan (X2) dan stres kerja (Y) melalui motivasi berprestasi sebesar -0,157.

Kesimpulan penelitian ini adalah deskripsi kepemimpinan kepala sekolah katagori tinggi, kematangan bawahan, motivasi berprestasi dan stres kerja guru SDN Kecamatan Bukit Batu katagori sedang. Terdapat hubungan langsung yang signifikan antara kepemimpinan kepala sekolah, kematangan bawahan dan motivasi berprestasi dengan stres kerja guru. Terdapat hubungan tidak langsung kepemimpinan kepala sekolah dan kematangan bawahan dengan stres guru melalui motivasi berprestasi di SDN Kecamatan Bukit Batu Kota Palangkaraya. SaranDinas Pendidikan memanfaatkan hasil penelitian ini untuk melakukan dasar kebijakan startegis dimasa mendatang perihal mengatasi stres kerja guru, bagi kepala sekolah lebih meningkatkan pengawasan dan pembinaan terhadap guru dalam usah meningkatkan kematangan dan motivasi berprestasi untuk mengurangi stres kerja dan bagi guru untuk lebih perlu adanya peningkatan dalam hal kemauan dan kemampuan agar meningkatkan motivasi dan menghindari stres kerja

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI