DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH STRES KERJA DI MASA PANDEMI COVID-19 TERHADAP KINERJA DENGAN MOTIVASI KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA PERUSAHAAN JASA KURIR DI KABUPATEN BALANGAN
PENGARANG:Ferry Oktaviansyah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-28


ABSTRAK

 

Pandemi Covid-19 menyebar di Indonesia, 90,18% pelaku usaha di Indonesia menggunakan e-commerce (Badan Pusat Statistik, 2020). Kebutuhan konsumen yansemakin tinggi, serta berkembangnya bisnis toko online atau e-commerce menunjukkan tingginya antusiasme konsumen akan jasa pengiriman barang (Permana dkk, 2021). Perusahaan jasakurir mempermudah perdagangan dimasa pandemi Covid-19 dan penggunaan jasa kurir meningkat di masa pandemi untuk melakukan pengiriman barang (Rohman & Abdul, 2020). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh negatif stres kerja terhadap kinerja kurir, menganalisis pengaruh negatif stres kerja terhadap motivasi kerja, menganalisis pengaruh positif motivasi kerja terhadap kinerja kurir, dan untuk menganalisis pengaruh stres kerja terhadap kinerja kurir yang dimediasi oleh motivasi kerja.Populasi adalah kurir jasa ekspedisi J&T Express, JNE, Si Cepat, TIKI, BAM Cargo cabang Balangan. 35 responden yang terdiri dari kurir dan pimpinan masing-masing jasa ekpedisi.Teknik analisis adalan Partial Least Square (PLS) dan teknik pengambilan sampel adalah total sampling. Hasil penelitian adalah stres kerja berpengaruh negatif terhadap kinerja kurir diterima. Stres kerja berpengaruh negatif terhadap motivasi kerja diterima. Motivasi kerja berpengaruh positif terhadap kinerja kurir diterima dan motivasi kerja memediasi pengaruh stres kerja terhadap kinerja kurir diterima.

 

Kata kunci: Stres Kerja, Motivasi Kerja, Kinerja Kurir

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI