DIGITAL LIBRARY



JUDUL:LEMBAGA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI BANJARMASIN
PENGARANG:ARINI ZAIRINA PUTRI
PENERBIT:FAKULTAS TEKNIK
TANGGAL:2018-09-19


ABSTRAK
Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia merupakan upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk membantu memberikan rangsangan pada pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini. Namun, fakta di lapangan masih banyak Lembaga PAUD yang belum sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak. Dengan itu, diperlukan sebuah Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini yang didasarkan pada perkembangan anak usia dini sehingga sekolah bukan hanya menjadi wadah namun juga dapat menjadi media pembelajaran.
Metode perancangan yang digunakan adalah metode arsitektur pemrograman (architectural programming) yang dibagi ke dalam lima proses desain yaitu goals, facts, concept, needs, dan problem. Konsep Ruang sebagai Media Pembelajaran merupakan rancangan Lembaga PAUD yang dapat menjadikan ruang sebagai media pembelajaran anak secara langsung dengan mempertimbangkan aspek perkembangan anak. Konsep Ruang sebagai Media Pembelajaran akan diterapkan pada aspek-aspek arsitektur yaitu eksterior, interior, dan lansekap, sehingga pembelajaran yang biasa diajarkan di kelas dapat dipelajari anak secara langsung melalui elemen arsitektur.
Kata kunci: PAUD, Lembaga PAUD, Ruang sebagai Media Pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI