DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Body Image (Citra Tubuh) Dengan Kepercayaan Diri Remaja di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin
PENGARANG:ROSALINDA PANDA-976
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-28


ABSTRAK

 

 

HUBUNGAN CITRA TUBUH DENGAN KEPERCAYAAN DIRI REMAJA DI SMK MUHAMMADIYAH 3 BANJARMASIN

 

 

Panda, Rosalinda

 

 

Latar belakang: Pada masa remaja perubahan yang paling dirasakan oleh remaja adalah perubahan fisik, pertumbuhan fisik yang cepat akan berdampak pada aspek psikologis. Salah satu aspek psikologis dari perubahan fisik yaitu remaja lebih memperhatikan tubuhnya dan membangun citra dirinya sendiri. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan body image (citra tubuh) dengan kepercayaan diri remaja di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian analitik dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian berjumlah 169 siswa diambil dengan teknik stratified random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan memberikan kuesioner alat ukur body image dan kepercayaan diri. Uji analisa menggunakan uji spearman.

Hasil: Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa memiliki citra tubuh positif sebanyak 165 orang dan mayoritas siswa memiliki kepercayaan diri tinggi sebanyak 126 orang. Analisis uji statistik spearman menunjukkan hasil nilai p-value (0,000) <0,005 artinya ada hubungan citra tubuh dengan kepercayaan diri remaja di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin.

Diskusi: Siswa yang memiliki rasa percaya diri tinggi cenderung lebih bisa menerima diri sendiri, termasuk kepuasan terhadap bagian tubuh

 

Kata kunci: citra tubuh, kepercayaan diri, remaja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI