DIGITAL LIBRARY



JUDUL:EFIKASI DIRI DAN MANAJEMEN DIRI DIABETES MELITUS TIPE 2: LITERATURE REVIEW
PENGARANG:MUHAMMAD HASAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-28


EFIKASI DIRI DAN MANAJEMEN DIRI DIABETES MELLITUS TIPE 2: LITERATURE REVIEW

Hasan, M

Latar Belakang: Efikasi diri pada penderita diabetes melitus tipe 2 berfokus pada keyakinan untuk dapat melakukan perilaku yang dapat mendukung perbaikan penyakit dan meningkatkan manajemen diri seperti diet, latihan fisik, pengobatan, kontrol glukosa, dan pengobatan diabetes melitussecara umum.Penderita diabetes melitus tipe 2 memiliki efikasi diri yang kurang baik, seperti tidak dapat melakukan latihan fisik sesuai anjuran dokter, mengikuti pola makan sehat saat berada di luar rumah, dan rutin minum obat.     

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efikasi diri dan manajemen diri pasien diabetes melitus tipe 2.

Metode: Penelitan ini menggunakan penelitian studi literatur menelaah 25 jurnal yang relevan dengan penelitian penulis. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yaitu data yang diperoleh secara tidak langsung. Data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah diambil dari artikel-artikel online yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menelaah dan menganalisis artikel yang diidentifikasi oleh Google Scholar dan basis data Garuda dalam rentang 2017-2022 dianalisis menggunakan JBI Critical Appraisal Tools–Checklist for Analytical Cross Sectional Studies dan instrumen JBI Critical Appraisal Checklist for Studies Reporting Data Prevalence.

Hasil:Pada 25 artikel penelitian menunjukkan bahwa efikasi diri merupakan hal penting yang harus dimiliki oleh pasien diabetes melitus khususnya dalam pengelolaan diri diabetes melitus tipe 2 terkait dengan pola makan teratur, aktivitas atau latihan (olahraga), pemantauan gula darah, pengobatan, pengetahuandan perawatan kaki.

Diskusi:Self-efficacy lebih mengarah pada kepercayaan diri pasien untuk melakukan berbagai perilaku/aktivitas yang merupakan bagian dari self-management diabetes yang berkaitan dengan pengaturan pola makan, aktivitas atau latihan (olahraga), pemantauan gula darah, pengobatan, dan perawatan kaki secara teratur.

Kata kunci: Diabetes Melitus, Efikasi Diri, Manajemen Diri

DSGRSGSSA

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI