DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Borneo Clan (Studi Dekskriptif Kualitatif Pada Komunitas Borneo Clan Banjarmasin dalam Motif Sosial Menjalin Hubungan Solidaritas Kelompok)
PENGARANG:WAHYU
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-28


ABSTRAK

Wahyu. D1C115088, 2022, Komunikasi Kelompok Pada Komunitas Borneo Clan (Studi Dekskriptif Kualitatif Pada Komunitas Borneo Clan Banjarmasin dalam Motif Sosial Menjalin Hubungan Solidaritas Kelompok). Dibimbing oleh Lalita Hanief, dan Achmad Bayu Chandrabuwono.

Borneo Clan yang berdiri sejak 2005 ini, sekarang telah tumbuh sebagai Komunitas yang mempunyai tujuan-tujuan positif yang membuat banyaknya orang yang mulai menyukai pergerakan dari Borneo Clan itu sendiri, dengan melihat kekompakan mereka yang memulai pergerakan dari 2005 hingga 2020 membuktikan bahwa hubungan antar anggota dan tujuan mereka memanglah bukan main-main, sehingga Borneo Clan menjadi sebuah Komunitas besar yang ada di Banjarmasin. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi kelompok yang terjadi pada komunitas Borneo Clan Banjarmasin dalam menjalin hubungan solidaritas kelompok serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat komunikasi kelompok dan pola komunikasi yang digunakan untuk menjaga solidaritas kelompok. Pendekatan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan objek penelitian adalah anggota Borneo Clan Banjarmasin yakni kepada anggota resmi dan ketua kelompok atau ketua group dimana bisa menjaga kesatuan grup dan dalam berkomunikasi secara kelompok.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komunikasi kelompok tentunya didasari oleh sebuah motif, dimana Motif yang berasal dari dalam diri seseorang ini umumnya akan dicari atau ditemukan melalui komunikasi secara langsung baik verbal maupun nonverbal serta dengan penggunaan media. Motif adalah kepuasaan yang dicari pada individu sehingga terbagi menjadi ke dalam empat kelompok: motif Identitas Pribadi, motif hubungan personal, motif pengalihan, dan motif pengawasan. Setiap anggota borneo clan memiliki unsur Saling memiliki agar menjadi erat antar sesama anggota harena hal itu wajib, untuk apa kita bersama satu visi dan misi yang sama, memiliki kesukaan yang sama dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama jika tidak memiliki rasa memiliki saya rasa itu tidak mungkin bisa bertahan lama jika tidak ada rasa memiliki. Untuk memenuhi kebutuhan terkait berkomunikasi kelompok untuk mengurangi hambatan dan meningkatkan kebersamaan, para anggota Borneo Clan mengatasinya dengan penggunaan media online yakni media sosial. Selain itu rasa kekeluargaan yang menjadi hal yang paling emosional di rasakan dalam komunitas Borneo Clan ini, yakni sudah sewajarnya dalam sebuah keluarga memiliki rasa emosional dan memiliki yang tinggi satu sama lain.

 

Kata kunci: Komunikasi Kelompok, Borneo Clan, Motif, Solidaritas, Kota Banjarmasin

ABSTRACT

Wahyu. D1C115088, 2022, Group Communication in the Borneo Clan Community (Qualitative Descriptive Study on the Banjarmasin Borneo Clan Community in Establishing Solidarity Group Relations). Supervised by Lalita Hanief, and Achmad Bayu Chandrabuwono.

Borneo Clan, which was founded in 2005, has now grown as a Community that has positive goals that have made many people start to like the movement of the Borneo Clan itself, by seeing the cohesiveness of those who started the movement from 2005 to 2020, it proves that the relationship between members and their goal is not just like that, so that Borneo Clan becomes a large community in Banjarmasin. The purpose of this study is to determine the group communication that occurs in the Borneo Clan Banjarmasin community in establishing a relationship of group solidarity and to find out the supporting and inhibiting factors of group communication and the communication patterns used to maintain group solidarity. This research approach is descriptive qualitative with the object of research are members of the Borneo Clan Banjarmasin, namely to official members and group leaders or group leaders who can maintain group unity and communicate in groups.

The results of this study indicate that group communication is certainly based on a motive, where the motive that comes from within a person will generally be sought or found through direct communication both verbal and nonverbal as well as with the use of media. Motives are the satisfactions sought in individuals so that they are divided into four groups: Personal Identity motives, personal relationship motives, diversion motives, and control motives. Every member of the borneo clan has an element of belonging to each other in order to be close among fellow members because it is mandatory, why do we share the same vision and mission, have the same preferences with people who have the same interests if you don't have a sense of belonging I think it can't possibly last long if there's no sense of belonging. To meet the needs related to group communication to reduce barriers and increase togetherness, Borneo Clan members overcome them by using online media, namely social media. In addition, the feeling of kinship is the most emotional thing that is felt in the Borneo Clan community, which is naturally in a family to have a high sense of emotion and belonging to one another.

Keywords: Group Communication, Borneo Clan, Motive, Solidarity, Banjarmasin City

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI