DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kepemimpinan Lurah Dalam Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Karang Taruna di Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara
PENGARANG:ERIKA KURNIAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-28


ABSTRAK

Erika Kurniawati,2020421320019,2022. Kepemimpinan Lurah Dalam Peningkatan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Karang Taruna di Kelurahan Lanjas Kecamatan Teweh Tengah Kabupaten Barito Utara, dengan dosen pembimbing Prof. Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., P.hD. dan Dr.Jamaludin, M.Si.

Pemberdayaan masyarakat dapat dilakukan dengan partisipasi aktif masyarakat yang harus difasilitasi dengan adanya pelaku pemberdayaan masyarakat yang berasal dari seorang pemimpin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepemimpinan lurah dalam kaitan dengan pemberdayaan masyarakat melalui karang taruna, dan mengetahui apakah faktor-faktor penghambat dalam kepemimpinan lurah dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat melalui karang taruna.

Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data terbagi 2 (dua) jenis sumber data yang digunakan yaitu (1) Data Primer, adalah data yang diperoleh langsung dari responden baik melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. (2) Data Sekunder yaitu data yang diperoleh dengan membaca buku-buku, literatur-literatur, dokumen resmi, peraturan perundangan yang berkaitan. Teknik analisis yang digunakan teknik analisis model Miles dan Huberman yang diracik secara kualitatif agar dapat menghasilkan data yang bersifat deskriptif.

Dari hasil penelitian terlihat bahwa kepemimpinan lurah dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat melalui karang taruna terlihat sudah baik dengan kepemimpinan beliau menggunakan gaya kepemimpinan partisipatif, situasional, delegatif dan kharismatik walaupun partisipasi masyarakat masih kurang maksimal dan perlu adanya peningkatan pembinaan dari pihak pemerintahan kelurahan.

Hendaknya lurah dalam peningkatan pemberdayaan masyarakat melalui karang taruna lebih mengoptimalkan kemampuan dan kualitas kepemimpinannya dan meningkatkan pembinaan, memberi keteladanan serta motivasi pada masyarakat.

Kata Kunci : Kepemimpinan, Lurah, Pemberdayaan Masyarakat, Karang Taruna.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI