DIGITAL LIBRARY



JUDUL:JOB INSECURITY PEGAWAI HONORER (STUDI FENOMENOLOGI SCHULTZ PADA KEMENTERIAN AGAMA BANJARBARU)
PENGARANG:NITIS KHOIRIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-29


Nitis Khoiriyah (2022). Job Insecurity Pegawai Honorer (studi fenomenologi Schutz pada Kementerian Agama Banjarbaru.

Pembimbing: Abdurrahman Sadikin

 

Penelitian ini dilakukan di Kementerian Agama Banjarbaru, dan bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis (1) apa saja yang menyebabkan munculnya job insecurity pada pegawai honorer Kementerian Agama Banjarbaru; (2) bagaimana pegawai honorer menyikapi job insecurity; (3) bagaimana motif sebab pegawai honorer Kementerian Agama Banjarbaru dalam memandang job insecurity; (4) bagaimana motif manfaat pegawai honorer Kementerian Agama Banjarbaru dalam memandang job insecurity; (5) dampak job insecurity terhadap kinerja pegawai honorer Kementerian Agama Banjarbaru.

Metode yang  digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Kriteria informan dalam penelitian ini yaitu pegawai honorer. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dengan 9 informan, dan dokumentasi. Selanjutnya analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil peneitian menemukan bahwa (1) usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, pekerjaan sampingan, lama bekerja, jumlah tanggungan, dan status pegawai honorer menyebabkan munculnya job insecurity. (2) pegawai menyikapinya dengan memperkuat motivasi kerja, menabung, serta mengembangkan keterampilan dan skill yang dimiliki. (3) sebab job insecurity usia, jenis kelamin, Pendidikan tertinggi, lama bekerja.(4) manfaat job insecurity semangat dan giat dalam bekerja, dan memiliki rasa percaya yang tinggi. (5) dampak yang dihasilkan yaitu penurunan performa pegawai dalam bekerja dikarenakan adanya job insecurity.

 

Kata kunci: Job Insecurity, Pegawai Honorer, Fenomenologi Schultz

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI