DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN LEMBAGA SOSIAL DI INDONESIA (MATERI PEMBELAJARAN IPS KELAS VII SEMESTER I)
PENGARANG:ASYABUL YAMIN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-29


Asyabul yamin. 2022. Peran Lembaga Sosial di Indonesia (Materi Pembelajaran IPS Kelas VII Semester I). Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Prof. Dr. Ersis Warmansyah Abbas, M.Pd dan Pembimbing II Muhammad Adhitya Hidayat Putra, M.Pd.

 

Ilmu Pengetahuan Sosialmerupakan mata pelajaran di sekolah menengah pertama. Pada proses belajar mengajar, buku teks menjadi komponen penting yang menjadi buku pegangan guru dan siswa. Buku teks membantu proses pembelajaran supaya mencapai  hasil yang optimal. Penyusunan Buku teks harus memperhatikan prinsip satu diantaranya latar belakang budaya nilai, dan/atau lingkungan siswa. Hal ini yang mendasari pentingnya penambahan materi kearifan lokal pada buku teks. Materi Ilmu Pengetahuan Sosial pada buku IPS kelas VII semester I belum memuat materi lokal daerah Kalimantan Selatan, materi kearifan lokal yang dimaksud khususnya materi lembaga sosial. Sehingga dalam penelitian ini memuat penyajian dan penambahan materi buku teks IPS kelas VII dengan tema lembaga sosial pada muatan lokal Kalimantan selatan. Tujuan penelitian: 1). Mendeskripsikan materi lembaga sosial. 2). mendeskripsi peran lembaga sosial di Indonesia. 3). menganalisis kesesuaian materi lembaga sosial dan kompetensi dasar.

Desain Penelitian studi literatur, penelitian studi literatur berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, atau penelitian yang obyek penelitiannya digali melalui beragam informasi kepustakaan buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, dan dokumen.

Hasil penelitian dan pembahasan dengan tema lembaga sosial, dalam tema lembaga sosial memuat dua pembahasan materi yaitu:1) Pengertian lembaga sosial, 2) Jenis dan fungsi lembaga sosial. Materi ajar lembaga sosial secara keseluruhan sudah sesuai dengan Kompetensi Dasar, karena sudah sesuai dengan tujuan serta karakteristik pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial, namun dalam materi ini masih memiliki kekurangan pada aspek lokal yang sebenarnya adalah satu diantara aspek penting yang akan mendukung penambahan life skill bagi peserta didik. Sehingga diperlukan peran guru untuk dapat membuat pembelajaran semenarik mungkin, serta guru dapat menambahkan materi lokal yang ada dilingkungan sekitar peserta didik.

 

Kata kunci: Buku teks, Lembaga Sosial, Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI