DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KOMUNIKASI DAKWAH ONLINE MELALUI INSTAGRAM (ANALISIS WACANA PEMANFAATAN PESAN DAKWAH USTADZ KHALID BASALAMAH)
PENGARANG:MUHAMMAD AMMAR MA`RUF
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2022-12-29


ABSTRAK

Muhammad Ammar Ma'ruf, D1C115068, 2022, Komunikasi Dakwah Online Melalui Instagram (Analisis Wacana Pemanfaatan Pesan Dakwah Ustadz Khalid Basalamah), Dibimbing oleh Siswanto Rawali dan Noviana Sari.

Dakwah adalah praktik berbagi ajaran Islam dan mendorong tindakan amal di antara umat Islam. Di era teknologi sekarang ini, dakwah dapat dilakukan secara online melalui platform media sosial; dalam akun media sosial, banyak video yang menawarkan dakwah motivasi dalam Islam, yang menarik tetapi lebih pada konstruksi pesan dalam konteks Islam; Maka dari itu, peneliti tertarik untuk menganalisis kandungan pesan dakwah dalam video tersebut yang cenderung menitikberatkan pada akidah, akhlak, syariah, dan muamalat. Peneliti menganalisis postingan yang dibuat oleh pengguna Instagram Khalid Basalamah dengan menggunakan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. menggunakan empat komponen model analisis wacana Van Dijk: tahapan interpretasi, pesan tersembunyi, analisis tingkat makro/mikro, dan generalisasi menyeluruh.

Berdasarkan temuan penelitian ini, akun Instagram @khalidbasalamahofficial memanfaatkan Instagram secara efektif sebagai platform untuk menyebarluaskan pesan-pesan Islami dengan memanfaatkan berbagai fitur Instagram, antara lain format video, format gambar, fitur caption, fitur mention, fitur hashtag, dan lain-lain. fitur komentar. Teori ini dibedakan oleh tiga fitur: interaktivitas (komunikasi dua arah antara komunikator (da'i) dan penerima (mad'u)), timbal balik (dai dan mad'u berbagi peran yang sama dalam pertukaran), dan mutualitas (da'i dan mad'u berbagi peran yang sama dalam penafsiran). Kebebasan mad'u untuk menerima pesan-pesan dakwah yang diberikan da'i sesuai kebutuhannya merupakan aspek kunci dari demassifikasi, yang melihat kekuasaan dalam sistem komunikasi berpindah dari da'i ke mad'u. Dalam hal elemen interpersonal, seperti mengirim, menerima, dan menyimpan pesan dakwah secara online sesuai kebutuhan, asinkronitas mengacu pada kemampuan untuk menentukan waktu pengiriman dan penerimaan pesan pada waktu tertentu. Terlepas dari prevalensi pandemi Covid-19, komunikasi dakwah online melalui Instagram sangat efisien. Pasalnya, laman Instagram Ustadz Khalid Basalamah memiliki jumlah pengikut yang banyak, dan para pengikut tersebut umumnya merespon positif riset online ini melalui komentar dan siaran langsung di Instagram.

Kata Kunci: Analisis Wacana Kritis, Komunikasi Dakwah, Media Sosial, Instagram

 

 


 

ABSTRACT

 

Muhammad Ammar Ma'ruf, D1C115068, 2022, Online Da'wah Communication Through Social Media Platforms (Discourse Analysis of Utilizing Ustadz Khalid Basalamah's Da'wah Messages on the Instagram Platform), Supervised by Siswanto Rawali and Noviana Sari.

 

Da'wah communication is the process of conveying the religion of Islam from one person to another as well as a call for goodness to the wider community. In today's digital era there is da'wah that can be carried out online through social media platforms where in the social media account there are several videos that provide motivational da'wah in Islam that are exclamations but rather the construction of messages in the context of the Islamic religion so that researchers want to analyze the content the message of da'wah in the video is the message leaning more towards aqidah, akhlaq, shari'a, muamalat. The researcher uses a qualitative descriptive research method to examine the content of Khalid Basalamah's Instagram. using critical discourse analysis, namely communication with Van Dijk's discourse analysis model which consists of four aspects, namely researching the interpretation stage, latent messages, macro and micro levels and generalization.

The results show that the Instagram account @khalidbasalamahofficial uses Instagram social media features, namely video format, image format, captions feature, mentions feature, hashtag feature, and comments feature in utilizing Instagram as a medium to spread Islamic messages effectively. There are three characteristics of this theory, namely: Interactivity, meaning that there is two-way communication, both da'i and mad'u. Demassification, meaning that the control of the communication system shifts from da'i to mad'u, namely the freedom of mad'u to receive da'wah messages conveyed by da'i according to their needs. Asynchroneity, meaning the ability to determine the time of sending and receiving messages at the specified time and interpersonal aspects such as sending, receiving and storing online da'wah messages as needed. Online da'wah communication using Instagram in the midst of the COVID-19 pandemic is quite effective. This is based on the high number of followers on the Instagram social media page of Ustadz Khalid Basalamah and the positive response that followers have given to this online study through feedback submitted in the comments column and live IG.

Keywords: Critical Discourse Analysis, Da'wah Communication, Social Media, Instagram

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI